Kasus Dieselgate Belum Tuntas, Giliran Kantor Porsche Digeledah

Riyandy Aristyo ยท Senin, 02 Maret 2020 - 10:15 WIB
Kasus Dieselgate Belum Tuntas, Giliran Kantor Porsche Digeledah

Otoritas Jerman menggeledah kantor Porsche yang diduga bermain dalam skandal dieselgate. (Foto: Porsche Huntington)

STUTTGART, iNews.id - Proses penyelidikan kasus emisi diesel (dieselgate) kembali dilanjutkan. Kali ini, otoritas Jerman menggeledah kantor Porsche yang diduga bermain dalam kasus tersebut.

Dilansir dari Reuters, Senin (2/3/2020), jaksa penuntut umum di Jerman bersama tim kepolisian memeriksa tiga kantor dan tiga apartemen pribadi milik karyawan Porsche. Ini dilakukan lantaran ketiganya dicurigai terlibat dalam skandal kecurangan emisi.

Selain itu, jaksa juga memperluas penyelidikan mereka di mana sebelumnya hanya empat orang, kini menjadi tujuh karyawan pabrikan yang tergabung di Volkswagen. Hingga saat ini, Porsche belum memberikan komentar terkait kejadian tersebut.

Sebagai informasi, Desember 2019 lalu, jaksa penuntut Jerman juga menggerebek kantor pusat Volkswagen. Operasi difokuskan pada penyitaan dokumen yang merupakan bagian dari penyelidikan kasus dieselgate pada mesin EA 288.

Volkswagen merilis pernyataan jika penyidikan tersebut tidak berdasar. Kasus ini terungkap pada 2015, setelah seorang karyawan Volkswagen mengaku pelanggaran dilakukan atas perintah atasan.

Kurang dari sebulan, pabrikan asal Jerman itu akhirnya mengakui dan mereka didenda sebesar Rp16,7 triliun atas kasus dieselgate di industri otomotif dunia.


Editor : Dani Dahwilani