Kencan Singkat dengan Kia EV6 GT-Line di GJAW 2023, Torsi Buasnya Ngejambak
JAKARTA, iNews.id – Kia EV6 GT-Line pertama kali diperkenalkan PT Kreta Indo Artha (KIA) sebagai pemegang merek Kia di Indonesia pada Agustus 2022. Di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, tim iNews.id berkesempatan menjajalnya.
Bagaimana sensasinya?Secara tampilan, Kia EV6 GT-Line mempunyai desain agresif. Desain lampu depan berteknologi LED proyektor dan DRL berbentuk huruf ‘C’.Di bagian bempernya juga dibubuhi aksen hitam mengkilap di bawah gril.
Di bagian samping, Anda bisa melihat pelek ukuran 20 inci dengan desain kipas multi palang dengan finishing two-tone. Pelek ini dibalut ban Continental Premium Contact6 berukuran 255/45 R20.
Kia EV6 GT-Line juga sudah menggunakan gagang pintu atau pegangan tersembunyi, sehingga membuat tampilannya semakin futuristik. Di bagian atapnya, ada wide sunroof di bagian atap yang menambah kesan sporty.

Berlanjut ke bagian belakang, tampilan kacanya dibuat melandai. Pada bagian atap terdapat spoiler yang memperkuat kesan sporty. Lalu, stoplamp LED dibuat menyatu dan melengkung seperti buntut bebek alias ducktail.
Kesan pertama duduk di kabin Kia EV6, Anda akan merasakan kemewahan. Komponen material di interior juga terasa mewah sesuai dengan harga jualnya.

Saat masuk ke bagian kabin bisa jadi akan terasa sedikit sempit karena mobil ini mengusung rasa berkendara seperti sportscar. Namun saat jok dan kemudi telah diseting ulang ruang gerak menjadi lega, baik di depan dan belakang.
Kia EV6 GT-Line dibangun di atas platform New Electric Global Modular Platfom (E-GMP) dari Hyundai Motor Group. Platform itu juga lah yang digunakan oleh Hyundai Ioniq 5.

Berbeda dengan Ioniq 5 yang hanya mengandalkan penggerak rear wheel drive, EV6 GT-Line dilengkapi dua motor listrik berpenggerak All Wheel Drive yang mampu menghasilkan tenaga hingga 320 dk dan torsi badak 605 Nm.
Sementara untuk baterai, EV6 GT-Line dibekali Lithium-ion berkapasitas 77,4 kWh, yang diklaim memiliki jarak tempuh 506 kilometer. Untuk pengisian baterai, butuh waktu tujuh jam apabila menggunakan pengisian daya Wall Charger berarus AC dengan daya 11 kW.
Saat jurnalis inews.id merasakan di area Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, tenaga beringas nan gahar cukup membuat kaget dan terkesima. Meski pengetesan terbatas dan hanya diberikan waktu sekitar 30 menit, setidaknya langsung tergambar betapa galaknya mobil listrik garapan Kia ini.
Perlu diketahui juga, Kia EV6 GT-Line memang kendaraan listrik murni yang dirancang dari nol untuk diciptakan menjadi mobil listrik. Bukan mobil konvensional yang diubah oleh pabrikan dengan versi listrik. Tak heran, sensasi yang ditawarkan mobil ini pun termasuk spesial.
Bayangkan saja, mobil ini tak membutuhkan waktu lama untuk melesat cepat. Pasalnya, dari 0-100 kpj hanya butuh waktu 5,2 detik. Jurnalis menggunakan mode Sport saat melakukan pengetesan di lintasan lurus dan cengkeraman keempat rodanya terasa merata berkat sistem penggerak All Wheel Drive.

Ketika tancap gas di lintasan kurang lebih 100 meter, karakter mobil listrik dengan torsi yang instan jelas terasa. Jambakan tenaganya cukup bikin kaget pengemudi namun dengan kontrol yang tetap baik di genggaman kemudi.
Jujur pengetesan ini memang terasa kurang puas. Masih banyak fitur canggih yang belum dioperasikan. Usai merasakan tenaganya yang gahar, jurnalis harus puas dengan demo Smart Parking Assist System. Sistem ini berkerja dibantu sensor dan kamera untuk membantu pengemudi memarkirkan mobil dengan aman dan akurat.
Meski begitu, pengetesan singkat ini tetap menjadi pengalaman menarik.
Editor: Ismet Humaedi