Keunggulan Berkendara dengan Mobil Bermesin Turbo

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 28 Januari 2020 - 07:23 WIB
Keunggulan Berkendara dengan Mobil Bermesin Turbo

Turbocharger bisa mendongkrak tenaga mesin secara signifikan tanpa harus menambah bobot berlebih pada mobil. (Foto: Dok/Wuling)

JAKARTA, iNews.id - Para produsen otomotif saat ini melengkapi jajaran mobilnya dengan varian mesin turbo. Tren ini bergulir seiring dengan perkembangan teknologi dalam menciptakan mesin yang lebih bertenaga, irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Turbocharger bisa mendongkrak tenaga mesin secara signifikan tanpa harus menambah bobot berlebih pada mobil. Sebab, perangkat turbo hanya terdiri dua bagian, yakni turbin dan kompresor. Bobot keduanya cukup ringan dan tidak memerlukan ruang luas untuk penempatan.

Karena mesin turbo tidak membutuhkan kubikasi besar, penggunaan bahan bakar pun bisa ditekan. Di mana efisiensi bahan bakar meningkat hingga 40 persen untuk mesin diesel dan 20 persen mesin bensin.

Selain bisa mendongkrak performa mesin, teknologi turbo juga bisa menekan emisi gas buang. Sebagai contoh turbocharger yang disematkan ke mesin 1.2 liter bisa menekan gas buang hingga 85 gram per km. Angka ini jauh lebih rendah dari standar Eropa sebesar 125 gram per km.

Salah satu model kendaraan yang telah menyematkan mesin turbo adalah Wuling Cortez CT. Di mana mobil ini dibekali jantung pacu 1.500 cc Turbocharger sehingga tenaga yang dihasilkan mencapai 140 horse power (hp). Penambahan turbocharger membuat mesin berkubikasi kecil memiliki tenaga lebih besar.

Tenaga dari mesin turbo disalurkan ke roda depan melalui transmisi continuously variable transmission (CVT) 8-percepatan, membuat Wuling Cortez CT terasa lebih bertenaga dan nyaman saat dipacu di jalan. Mekanisme kerja CVT yang tidak menggunakan gear membuat karakter setiap akselerasi terasa halus.

Inilah yang membuat mobil bermesin turbo disukai pengguna kendaraan.

Editor : Dani Dahwilani