Komunitas Honda CR-V Kopdar di GIIAS 2025, Ada Koleksi Mobil dari Generasi Pertama
TANGERANG, iNews.id - Komunitas Honda CR-V gelar kopi darat (kopdar) alias kumpul dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, Minggu (27/7/2025). Kehadiran mereka menjadi momen istimewa 25 tahun komunitas tersebut berdiri di Indonesia.
Ketua Umum CR-V Club Indonesia, Wawan Gunawan (Abah Wagoen) mengatakan mereka membawa semangat komunitas yang sudah eksis 20 tahun. Dia menyaksikan langsung perjalanan CR-V dari mesin konvensional hingga elektrifikasi.
“Dari Gen 1 – 6, CR-V selalu ikut perkembangan zaman, tapi nggak pernah kehilangan karakternya. Sekali pakai CR-V pasti mau pakai CR-V lagi dan lagi,” ujarnya.
Dia menuturkan komunitas ini lebih dari sekadar tempat berkumpul pecinta otomotif. Mereka membangun ikatan sosial lintas generasi, menjadikan CR-V bukan hanya kendaraan, tapi bagian dari gaya hidup ramah lingkungan masa kini.
Sejak meluncur pada 1999, Honda CR-V telah terjual lebih dari 240.000 unit di Indonesia. Tak hanya jadi SUV favorit, model ini juga jadi yang paling konsisten di segmennya. CR-V bahkan mencatat lebih dari 50 penghargaan dari berbagai media otomotif nasional.
Pada 2002 jadi tonggak penting, saat CR-V menjadi model pertama Honda yang dirakit lokal di Karawang. Karakter khasnya yang menggabungkan kenyamanan sedan dengan ketangguhan SUV terus dipertahankan hingga kini.
Pada 2023, Honda memperkenalkan CR-V RS e:HEV, SUV hybrid pertama mereka di Indonesia. Inilah simbol transisi menuju mobilitas berkelanjutan tanpa mengorbankan performa dan kenyamanan.
Communication Strategy Sub-Division Head PT Honda Prospect Motor, Yulian Karfili mengatakan keberhasilan CR-V tak lepas dari komunitas-komunitas aktif, seperti CR-V Club Indonesia, CR-V Turbo Indonesia, Gen 2 Brotherhood, dan Gen 3 Brotherhood. Masing-masing punya ciri khas dan loyalitas tersendiri terhadap generasi CR-V yang mereka gunakan.
“Komunitas adalah pencapaian tertinggi dari sebuah brand, karena mereka bukan hanya konsumen setia yang memakai mobil, tetapi menjadikannya bagian dari hidup mereka. Hingga saat ini, Honda didukung oleh lebih dari 20 komunitas yang terbentuk secara organik, menjadi bukti dari kepercayaan konsumen terhadap produk-produk Honda di Indonesia,” katanya.
Editor: Dani M Dahwilani