Kucurkan Dana Rp250 Miliar, Mitsubishi Bangun Fasilitas Training di Indonesia
JAKARTA, iNews.id - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membangun fasilitas Mitsubishi Motors Training Center di Kawasan Industri MM2100, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat. Untuk Membangun Fasilitas ini Mitsubishi menggelontorkan dana hingga Rp250 miliar.
Presiden Direktur PT MMKSI, Atsushi Kurita, menjelaskan tujuan dibukanya training center untuk memastikan kesiapan pekerjaanya agar menjaga brand tetap kompetitif dalam persaingan dan tantangan yang serba cepat di industri otomotif Indonesia.
“Kami ingin menjadi brand yang dapat diandalkan dan dapat mendukung setiap perjalanan dari konsumen kami di Indonesia dengan produk yang dapat diandalkan, layanan yang sesuai, dan juga pengalaman-pengalaman yang berkesan,” ujar Atsushi kepada media di Mitsubishi Motors Training Center, Rabu (30/10/2024).
Atsushi menerangkan pihaknya menggelontorkan dana investasi untuk pembangunan training center ini mencapai Rp250 miliar.
“Kami ingin mendukung kehidupan konsumen dalam aktivitas kesehariannya melalui peningkatkan standar kualitas layanan terbaik ke jenjang yang lebih tinggi lagi, melalui pelatihan sumber daya manusia yang bertugas di garda depan jaringan diler dan bengkel resmi Mitsubishi Motors,” ujarnya.
Aktivitas pelatihan dan pengembangan tenaga garda depan diler mencakup, mulai dari petugas di zona penerimaan tamu, seperti petugas resepsionis, service advisor, dan salesperson, di mana para trainee nantinya tidak hanya akan mendapatkan ilmu secara teori, tapi juga ada sesi roleplay dan praktik atau simulasi yang akan menunjang kemampuan petugas.
Selain itu, tersedia area pelatihan yang mumpuni bagi para tenaga mekanik, yang berhubungan dengan servis kendaraan hingga pelayanan perbaikan bodi dan cat.
Semua materi pembelajaran akan dilakukan di ruang-ruang kelas yang bersih dan nyaman, dengan fasilitas lengkap untuk mendukung simulasi pada saat pelatihan. Tak hanya itu, tersedia area test course seluas 5,625 m2 di area outdoor, yang akan digunakan oleh para trainee untuk melakukan uji kendaraan untuk training produk maupun training yang terkait dengan purnajual, untuk mendapatkan real experience terhadap produk-produk Mitsubishi Motors.
Mitsubishi Motors Training Center memiliki kapasitas pelatihan dengan total output lebih dari 6.000 orang atau meningkat tiga kali lipat dari sebelumnya, melalui 46 sesi kelas pelatihan untuk sales training untuk 2.600 orang, dan 351 sesi kelas pelatihan layanan purna jual yang terbagi dalam kelas teknis, kelas non-teknis, dan bodi & cat, untuk 3.200 orang.
Tidak hanya dari sisi fasilitas dan infrastruktur, MMKSI juga telah mempersiapkan kurikulum dan materi pelatihan untuk level intermediate dan advanced yang akan diimplementasikan dalam pelaksanaan training di lokasi ini.
Kurikulum pada layanan purnajual yang dipergunakan tentunya merujuk pada standar kurikulum pada Mitsubishi Motors Global Training Center, berupa MSA (MItsubishi Service Advisor) Training, MSTEP (Mitsubishi Service Technician Education Program), M-BaP (Mitsubishi Body and Paint) Training dan spesial training lainnya. Kurikulum pada layanan penjualan yang dipersiapkan adalah salesmanship training untuk level Salesforce hingga Branch Manager, TIFOTI (Training For Trainer) dan customer satisfaction training, dengan harapan dari berbagai pelatihan yang ada, peserta memiliki skill yang unggul di dalam proses penjualan dan pelayanan kepada konsumen.
Adapun syarat dan ketentuan peserta training di Mitsubishi Motors Training Center ini adalah personel diler yang ditunjuk oleh diler dengan mengacu kepada ketentuan masa kerja dan pengalaman training yang pernah didapat sebelumnya.
Editor: Dani M Dahwilani