Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Kenang Memori Lama, Daihatsu Bikin Bemo Bertenaga Listrik Midget X
Advertisement . Scroll to see content

Kucurkan Investasi Rp2,9 Triliun, Daihatsu Kembali Buka Pabrik Berkapasitas 140 Ribu Unit

Kamis, 27 Februari 2025 - 15:25:00 WIB
Kucurkan Investasi Rp2,9 Triliun, Daihatsu Kembali Buka Pabrik Berkapasitas 140 Ribu Unit
Investasi pabrik Daihatsu Karawang Assembly Plant 2 sekitar Rp2,9 triliun dengan kapasitas produksi hingga 140.000 unit per tahun. (Foto: Daihatsu)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meresmikan pabrik baru Karawang Assembly Plant 2 (KAP 2) pada 27 Februari 2025 di Kawasan Industri Surya Cipta di Karawang Timur, Jawa Barat. Pabrik ADM ke-6, seluas 26 hektare ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan pasar otomotif domestik dan global yang terus berkembang.

Nilai investasi pabrik Karawang Assembly Plant 2 sekitar Rp2,9 triliun dengan kapasitas produksi hingga 140.000 unit per-tahun. Total pabrik ADM mampu memproduksi kendaraan hingga lebih dari 530 ribu unit per tahun untuk pasar domestik dan global. 

Kemampuan produksi ini juga didukung oleh lebih dari 1.700 supplier, termasuk 700 UMKM, serta tingkat lokalisasi yang mencapai lebih dari 80 persen untuk semua kendaraan yang diproduksi.

Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pemerintah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT Astra Daihatsu Motor atas pencapaian ini, serta kepada Daihatsu Motor Co Ltd Jepang yang berkomitmen dalam mempercayakan ADM sebagai basis produksi Daihatsu di luar Jepang. Memperlihatkan keyakinan terhadap potensi dan prospek Indonesia sebagai hub industri otomotif global.

“Kami berharap ADM dapat terus mengembangkan model sesuai tren otomotif terkini, memperkuat partisipasi industri melibatkan rantai pasok lokal agar dapat memperbesar tingkat penggunaan komponen dalam negeri, serta dapat memantapkan posisinya sebagai salah satu produsen kendaraan bermotor roda empat terbesar di Indonesia, di Asia Tenggara bahkan di dunia,” ujar Agus Gumiwang di pabrik baru Daihatsu Karawang Assembly Plant 2.

Pabrik baru KAP 2 memiliki tiga fasilitas utama, yaitu Body (Bodi), Painting (Pengecatan), dan Assembling (Perakitan) yang terintegrasi menggunakan teknologi terkini dengan menerapkan konsep inovatif E-SSC (Evolution, Simple, Slim, Compact). Konsep ini menerapkan proses produksi modern, produktivitas tinggi, ramah lingkungan dengan penggunaan energi terbarukan dan optimalisasi produksi yang mampu mengurangi emisi karbon hingga 20 persen, serta tempat kerja yang lebih aman dan nyaman bagi karyawan.

Sejalan dengan komitmen Sustainable Development Goals (SDGs) dalam upaya menuju carbon neutral, pabrik baru KAP 2 didesain dengan konsep tanpa dinding untuk menghasilkan sirkulasi udara lebih baik yang mampu memberikan efisiensi penggunaan tenaga listrik lebih optimal, utilisasi peningkatan teknologi robotik yang mampu menghasilkan sebuah produk berkualitas tinggi. 

Optimalisasi proses pengecatan dapat menghilangkan polusi air, tempat kerja yang lebih aman dan nyaman bagi karyawan, serta mengimplementasikan panel surya sebesar 3 Mega Watt sebagai sumber daya listrik terbarukan.

Pabrik baru ini memproduksi model kolaborasi LCGC, yakni Daihatsu Ayla dan Toyota Agya dalam memenuhi permintaan pasar otomotif domestik dan global, sekaligus menandakan langkah strategis Daihatsu dalam meningkatkan kontribusi ekspor kendaraan buatan Indonesia ke mancanegara. Pabrik baru ini juga didesain untuk dapat memproduksi kendaraan masa depan.

"Kami bersyukur dapat membuka fasilitas pabrik baru Karawang Assembly Plant 2 ini sebagai wujud investasi keberlanjutan masa depan. Kami selalu berusaha untuk terus berinovasi dalam teknologi manufaktur yang lebih produktif dan efisien, ramah lingkungan, sesuai dengan kebutuhan industri dan pasar otomotif yang terus berkembang," kata President Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Yasushi Kyoda.

"Pembaruan pabrik ini merupakan tonggak penting kami untuk menuju masa depan, serta wujud komitmen kami untuk kerja sama yang berkelanjutan dengan Indonesia," ujarnya.

Proses Produksi

Secara tahapan pembuatan mobil, Daihatsu mengawalinya dari Press Shop, yaitu dimulai dari lempengen besi yang dicetak dengan mesin cetak ribuan ton untuk membuat setiap bagian dari potongan bodi mobil. Selanjutnya, pabrik baru KAP 2 pada fasilitas Body, setiap potongan bagian mobil disatukan menjadi satu bagian utuh dengan menggunakan teknologi robotik terkini dengan utilisasi hingga 98 persen sehingga mampu menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan tingkat presisi yang sempurna, sekaligus menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi karyawan.

Pada saat yang sama, pembuatan mesin mobil juga dilakukan di Casting Shop dimana blok mesin dibuat dari alumunium cair yang dicetak dengan mesin berteknologi tinggi, dengan tingkat presisi yang sempurna. Setelah itu, blok mesin yang sudah jadi dan telah dilakukan tes kualitas, dibawa ke Engine Shop untuk dirakit menjadi mesin mobil yang siap digunakan

Setelah itu, pada fasilitas Painting Shop di pabrik KAP 2, bodi mobil dilakukan proses pengecatan dengan menyelupkan cairan cat dasar untuk membuat besi tahan karat dan memperkuat cat luar. Bantuan teknologi robotik, pengecatan cat luar kembali dilakukan untuk menghasilkan bodi mobil agar mengkilap sempurna. 

Proses pengecatan di KAP 2 ini dilakukan dengan lebih modern dan ramah lingkungan karena dapat menghilangkan polusi terhadap penggunaan air dan mampu mengurangi emisi karbon hingga lebih dari 1.400 ton per-tahun (tCO2/Year).

Memasuki proses selanjutnya, setelah pengecatan bodi mobil dengan mesin siap disatukan menjadi mobil utuh di Assembly Shop. Disini, pabrik Assembly KAP 2 juga didesain tanpa dinding untuk menghasilkan sirkulasi udara lebih baik sebagai ventilasi alami dan berkontribusi mengurangi emisi CO2 dari efisiensi penggunaan tenaga listrik. Proses produksi kendaraan di KAP 2 juga memiliki desain konveyor dengan fleksibilitas tinggi sehingga mampu memproduksi kendaraan masa depan.

Terakhir, mobil utuh yang sudah jadi, dilakukan berbagai macam pengujian melalui Quality Shop, seperti drum test untuk uji pengereman, dan water leaking test untuk pengujian apakah bodi mobil bocor atau tidak. Semua proses dan pengetesan ini ditujukan untuk keamanan dan kenyamanan dengan kualitas global.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut