Lebih Canggih, Hyundai Kenalkan Teknologi Self-Driving Level 4

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 21:17 WIB
Lebih Canggih, Hyundai Kenalkan Teknologi Self-Driving Level 4

Hyundai Mobis Co memamerkan teknologi self-driving penuh level 4 di gelaran Consumer Electrics Show (CES) 2019. (Foto: Yonhap)

LAS VEGAS, iNews.id - Pabrikan suku cadang Korea Selatan, Hyundai Mobis Co memamerkan teknologi self-driving penuh level 4 di gelaran Consumer Electrics Show (CES) 2019, Las Vegas, Amerika Serikat (AS). Seperti apa teknologi ini?

Dilansir dari Yonhap, Jumat (11/1/2019), Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) AS menyebutkan, teknologi level 4 adalah fitur canggih pada mobil yang memudahkan sopir memantau fungsi mengemudi dan kondisi jalan di balik kemudi. Mobil ini dapat mengubah lajur tanpa intervensi pengemudi.

Di ajang tersebut, Hyundai Mobis juga menerapkan teknologi canggih pada konsep kendaraan M.VISION yang dilengkapi Kit penggerak otonom, terdiri atas empat pendeteksi cahaya LiDAR sensor dan lima sensor kamera multifungsi.

Selain itu, terdapat lima sensor laser dan 12 sensor ultrasound yang terpasang di bawah M.VISION. Secara teknis, Kit yang dipasang di atap kendaraan menggunakan energi cahaya yang dipancarkan laser akan memindai tanah dan mengukur jarak variabel.

Hyundai Mobis mengharapkan teknologi Level 4 tersedia setelah 2025 untuk operasi di daerah perkotaan yang memiliki banyak persimpangan.

Sekadar informasi, perusahaan telah menguji jalan teknologi Level 3 pada mobil otonom M.BILLY sejak tahun lalu di Korea Selatan, AS, dan Eropa. Karena mobil Level 3 hanya baik untuk self-driving terbatas, sehingga pengemudi harus terlibat mengambil kendali jika diperlukan.

Mobil level 3 jika dikembangkan sepenuhnya memungkinkan perubahan lajur dan fungsi mengemudi otonom lainnya bisa bekerja tanpa intervensi pengemudi. Pengembangan ini ada pada mobil otonom level 4.


Editor : Dani Dahwilani