Lebih Mudah Modifikasi Skuter Listrik atau Bensin? Ini Ulasannya

Riyandy Aristyo ยท Senin, 02 September 2019 - 15:03 WIB
Lebih Mudah Modifikasi Skuter Listrik atau Bensin? Ini Ulasannya

Hadirnya model sepeda motor listrik bagi para modifaktor kendaraan roda dua menjadi tantangan tersendiri. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Memodifikasi kendaraan menjadi tantangan tersendiri. Apalagi saat ini hadir model skuter bermesin listrik. Bagaimana bila model sepeda motor ini dimodifikasi, lebih mudah skuter listrik atau konvensional (bermesin bensin)?

Modifikator ternama Atenx Katros berpendapat, memodifikasi motor listrik jenis skuter jauh lebih mudah ketimbang skutik konvensional pada umumnya. Ini karena model sepeda motor ini tidak banyak part.

"Kalau lebih mudah mana, yang pasti skuter listrik jauh lebih mudah dan murah. Karena part-part yang ada di skutik konvensional tidak ada, seperti karburator, blok mesin sampai knalpot," ujar pria yang terkenal lantaran memodifikasi motor Presiden Joko Widodo (Jokowi), beberapa waktu lalu.

Meski begitu, Atenx mengaku tidak mudah memodifikasi motor listrik dari jenis skuter. Pertama, mengenai penempatan baterainya, dan kedua lebih ke bobot motor tersebut.

"Kesulitannya lebih memikirkan bobot sih, karena motor listrik itu kan kita harus mempertimbangkan bobotnya tidak bisa terlalu berat. Terus untuk menempatkan baterainya juga harus dipikirkan," kata Atenx.

Dia mengungkapkan, dalam waktu dekat dirinya akan memodifikasi motor listrik milik anak salah satu pejabat di Indonesia. "Dalam waktu dekat, saya mau rombak motor listrik. Motor listrik dari Indonesia pokoknya. Kepunyaan siapa? Anak dari salah satu pejabat. Tapi saya tidak mau sebut siapa namanya. Rahasia," ujarnya, sambil tersenyum.

Tak hanya itu, konsep yang akan diusung pemilik nama lengkap Andi Akbar ini juga masih dirahasiakan, yang pasti akan dirombak habis-habisan. "Belum tahu ya mau konsep apa, pastinya custom. Saya juga belum lihat motornya, bulan depan katanya sampai," kata Atenx.


Editor : Dani Dahwilani