Mahasiswa ITS Juarai Kompetisi Modifikasi Virtual Honda Brio, Begini Ubahannya
JAKARTA, iNews.id – Di masa pandemi lomba modifikasi kendaraan tidak dilakukan dalam bentuk nyata. Salah satunya kontes Brio Virtual Modification (Brio V-Mod) 2020.
Ajang yang digelar pada 11 Mei sampai 31 Juli 2020 ini mengumpulkan 789 desain dari berbagai kota di Indonesia. Mengusung tema Racing Garage, karya yang diadu pada tahun ini menampilkan beragam konsep, seperti Rally Look, Touring Style, Sports Daily, Drag Race, dan Drifting Touch. Setelah melalui seleksi yang dilakukan tim juri indepen terpilih 20 finalis.
Lalu, siapa pemenangnya? PT Honda Prospect Motor mengumumkan Muhammad Haekal Shafi sebagai juara kontes modifikasi Brio V-Mod Ke-3 tersebut. Desain dari peserta yang berasal dari Tangerang Selatan ini menyisihkan 789 peserta.
"Konsep modifikasi yang saya buat adalah drifting. Saya mempelajarinya setiap detail, mulai dari ukuran ban dan spesifikasi yang diwajibkan dalam drifting. Proses pengerjaan 2-3 minggu," ujar Haekal, yang merupakan mahasiswa semester tujuh Teknik Mesin, Institute Teknologi Surabaya (ITS), dalam video virtual, Rabu (19/8/2020).
Honda Brio Virtual Modification (V-Mod) merupakan kompetisi modifikasi digital dengan menggunakan mobil Honda Brio sebagai model. Sebagai juara pertama, Haekal berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp15 juta. Juara kedua dimenangkan Deden Desmahikmawan mendapatkan uang tunai Rp10 juta dan Mochammad Rizal Riyo Widhanto sebagai juara ketiga meraih Rp7 juta.
Sementara itu, Pranoyo Aditya menjadi pemenang kategori Best Decal berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp5 juta. Kategori ‘Favorite Winner by Social Media’, karya Muhammad Azra mendapatkan dukungan terbanyak mengungguli 19 desain finalis lain berhak mendapatkan hadiah Rp3 juta.
“Kompetisi modifikasi virtual yang memasuki tahun ketiga ini mendapatkan antusiasme sangat baik dari masyarakat khususnya di kalangan modifikator. Tidak hanya jumlahnya yang meningkat di setiap tahun, namun juga kualitas desain dari para peserta terlihat semakin baik. Kami berharap kompetisi ini semakin populer dan dapat digunakan sebagai wadah bagi para modifikator berbakat untuk menyalurkan kreativitasnya,” kata Business Innovation and Sales - Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy.
Dia menyebutkan, bagi mereka yang berprestasi pihaknya tidak menutup kemungkinan merekrut menjadi tim kreatif. Mengingat ide-ide anak muda ini sangat diperlukan untuk inovasi ke perusahaan.
Editor: Dani M Dahwilani