Market Share Naik 1,5 Persen, Berikut Pencapaian Toyota di 2019

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 13 Desember 2019 - 08:42 WIB
Market Share Naik 1,5 Persen, Berikut Pencapaian Toyota di 2019

Menjelang akhir 2019, Toyota meraih peningkatan market share sebesar 1,5 persen dari tahun sebelumnya menjadi 32 persen. (Foto: Dok/Toyota)

JAKARTA , iNews.id - Di tengah tahun yang penuh tantangan bagi industri otomotif, PT Toyota Astra Motor (TAM) meraih beberapa pencapaian positif sepanjang 2019. Mulai dari peluncuran produk baru, inovasi layanan after sales, hingga raihan penjualan.

Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto mengemukakan, untuk penjualan, Toyota meraih peningkatan market share sebesar 1,5 persen dari tahun sebelumnya menjadi 32 persen. Di mana pada 2018 market share Toyota sebesar 30,8 persen.

"Ini sesuai prediksi saya yang disampaikan tahun lalu. Saat ditanya, waktu itu saya bilang minimum sama dengan 2018, yakni sekitar 30,8 persen. Jadi 2019 kita tutup dengan market share 32 persen," ujarnya di Jakarta.

Henry menuturkan kesuksesan ini tidak lepas dari pencapaian positif dari produk andalannya, seperti Avanza dan Rush. Avanza ejak versi minor change pada awal 2019 ternyata sambutannya cukup tinggi. Demikian pula dengan model baru Toyota Rush penjualannya meningkat.

Masing-masing, market share Avanza dari 28 persen naik menjadi 34 persen, dan market share Rush tumbuh dari 42 persen menjadi 54 persen. "Ini tidak lepas dari strategi memberikan nilai lebih melalui desain yang fresh serta strategi price yang bisa diterima masyarakat," katanya.

Tahun ini, Toyota juga melengkapi jajaran mobil hybridnya, yakni untuk C-HR, Camry, dan Corolla. "Total penjualan model hybrid selama 10 tahun sudah lebih dari 2.400 unit. Paling penting, tahun ini penjualan hybrid per bulan naik lima kali lipat. Meski masih kecil, tapi per bulannya sudah di atas 50 unit. Ini baik," ujar Henry.

Di samping itu, Toyota juga telah menghadirkan layanan after sales melalui teknologi digital. Terbaru mereka meluncurkan mobile apps bernama mToyota. Kehadiran layanan ini melengkapi platform digital Toyota yang sudah ada, seperti official website, berbagai akun social media, digital press room, hingga chatbot Toyota virtual assistant TARRA.


Editor : Dani Dahwilani