Mengenal Artega Karo-Isetta, Mobil Listrik Mungil Buatan Jerman Rp200 Jutaan

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 10 Januari 2020 - 18:15 WIB
Mengenal Artega Karo-Isetta, Mobil Listrik Mungil Buatan Jerman Rp200 Jutaan

Uniknya, Artega Karo-Isetta tidak menggunakan pintu samping seperti mobil pada umumnya, tapi terletak di depan. (Foto: Top Gear)

STUTTGART, iNews.id - Salah satu masalah mobil istrik, selain infrastruktur pengisian baterai yang masih minim adalah harganya mahal. Untuk menjawab itu, perusahaan rintisan asal Jerman, Artega membuat mobil listrik terjangkau seharga Rp277 juta.

Dilansir dari Top Gear, Jumat (10/1/2020), secara fisik mobil ini terlihat mungil layaknya Isetta di era 1950-an. Bodinya kecil melengkung halus yang dipadu velg kecil serta LED headlight terpisah di samping.

Uniknya, Artega Karo-Isetta tidak menggunakan pintu samping seperti mobil pada umumnya, tapi terletak di depan. Kapasitasnya juga tak terlalu besar, hanya dua kursi dan bagasi kecil di belakang.

(Foto: Top Gear)
(Foto: Top Gear)

 

Mobil ini diklaim dapat menempuh jarak hingga 200 km dengan kecepatan maksimum 90 km/jam. Sayang, mobil tersebut tidak bisa mengangkut beban terlalu berat hanya 200 kg lantaran penggunaan sasis besi.

Artega menyatakan Karo Isetta sudah diakui secara resmi sebagai penerus Isetta oleh ahli waris desainer, Ermenegildo Preti. Namun, karena terindikasi plagiat desain dari mobil asal Swiss bernama Microlino, desain Karo-Isetta diubah.

Kabarnya, Artega Karo-Isetta sudah masuk lini produksi dan akan dikirim ke konsumen mulai April 2020. Menarik jika mobil ini mengaspal di Indonesia.


Editor : Dani Dahwilani