Mengenal Jenis Transmisi pada Mobil, Ada Manual, AT, AMT, CVT, DVT hingga S-AT

JAKARTA, iNews.id – Transmisi merupakan sistem mekanis yang sangat penting pada kendaraan bermotor. Perangkat tersebut bertugas membuat mobil bergerak maju dan mundur, serta mengubah kecepatan.
Secara umum, ada dua jenis gearbox yang digunakan pada mobil, yaitu transmisi manual dan otomatis. Namun, saat ini transmisi otomatis terbagi menjadi beberapa jenis berkat pengembangan yang dilakukan para insinyur.
Sebab itu, kenali transmisi mobil yang mencakup beberapa jenis, yaitu manual, AT, AMT, CVT, DCT, hingga S-AT. Berikut penjelasannya seperti dirangkum iNews.id dari berbagai sumber.
1. Transmisi Manual
Jenis yang pertama ini merupakan transmisi yang paling umum digunakan dengan prinsip kerja lebih sederhana. Cara kerjanya adalah menggerakkan roda gigi untuk bisa mengatur percepatan dari output mesin.
Sliding mesh kini sudah tidak digunakan, karena ketika terjadi putaran tinggi maka dua roda gigi yang dikaitkan hasil putarannya akan berbeda. Hal inilah yang menimbulkan perpindahan gigi menjadi tidak halus, tentu akan sangat mengganggu pengemudi.
2. Transmisi AT
Transmisi matik konvensional ini menggunakan torque converter untuk mengubah tenaga mekanis mesin supaya bisa menjadi energi gerak dan mengirimkannya kepada drive shaft. Transmisi ini paling banyak digunakan di Indonesia dan digunakan oleh mobil MPV.
3. Continuous Variable Transmission (CVT)
Penggerak utama transmisi CVT adalah puli dan sabuk baja yang bertugas untuk mengatur perubahan rasio gigi dan disesuaikan dengan putaran mesin. Transmisi ini membuat hentakan saat perpindahan gigi menjadi sangat halus sehingga hampir tidak terasa dan umumnya lebih irit bahan bakar.
4. Automated Manual Transmission (AMT)
AMT merupakan transmisi manual kontrol kopling dan persneling yang diotomatiskan. Transmisi ini pada awalnya dikembangkan dan diadopsi oleh Ferrari di tahun 1988. Transmisi jenis ini cenderung lebih murah ketimbang CVT, sehingga mobil yang menggunakan transmisi ini pun cenderung lebih terjangkau dari segi harga.
Dalam bahan bakar, dikatakan AMT lebih irit. Namun, transmisi AMT sangat jarang ditemui pada mobil-mobil yang beredar di Indonesia.
5. Dual Clutch Transmission (DCT)
Transmisi yang satu ini adalah transmisi manual yang mekanisme kerja pedal kopling nya diubah menjadi otomatis. DCT menggunakan 2 kopling ganda yang dikendalikan komputer supaya bisa berfungsi atas transmisi genap dan ganjil.
Transmisi ini menggunakan sistem komputerisasi sehingga perpindahan giginya memiliki ritme sendiri. Sistem ini juga akan mencari tahu kebutuhan pengendara supaya perpindahannya menjadi lebih baik.
6. Transmisi S-AT
Huruf "S" pada mobil adalah singkatan dari "Sport". Model mobil sport umumnya lebih tangguh dan berorientasi pada performa dibandingkan model lain dalam jajaran yang sama.
S juga berarti mode Sport. Mode ini biasanya digunakan agar mobil lebih agresif, dan pengaturan mesin untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih responsif dan menyenangkan. Mode sport tidak ditujukan untuk berkendara sehari-hari dan hanya boleh digunakan di jalan yang bersih dan kering.
Editor: Ismet Humaedi