Menghindari Kelelahan saat Perjalanan Jauh, Perhatikan Ini

Riyandy Aristyo ยท Senin, 24 Desember 2018 - 07:01 WIB
Menghindari Kelelahan saat Perjalanan Jauh, Perhatikan Ini

Jangan lupa, mengendarai mobil dalam jarak cukup jauh membutuhkan stamina lebih. (Foto: The Irish Times)

JAKARTA, iNews.id - Mengendarai mobil dalam jarak yang cukup jauh membutuhkan stamina lebih. Selain itu, beberapa faktor pendukung juga diperlukan agar tetap fokus di perjalanan. Apalagi saat liburan saat ini, jalanan lebih padat dan lebih berisiko dibandingkan hari biasa.

"Mengingat saat musim liburan banyak yang menempuh jarak jauh dan rasa lelah akan mudah menghinggapi. Terlebih jalur tol Trans Jawa dari Merak hingga Surabaya sepanjang 870 kilometer sudah dioperasikan. Sebab itu, perlu beberapa hal untuk mengurangi kelelahan saat perjalanan jauh," ujar instruktur keselamatan berkendara dari SDCI, Sony Susmana saat dihubungi iNews.id.

Sony pun berbagi tips mengurangi kelelahan saat perjalanan jauh supaya tetap nyaman dan terhindar dari kecelakaan, sebagai berikut:

Pertama, jaga kondisi tubuh agar tetap fit. Caranya dengan beristirahat sukup sebelum menempuh perjalanan jauh.

"Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin C serta banyak makan sayur dan buah. Hal ini merupakan salah satu pilihan tepat untuk meningkatkan stamina tubuh," kata Sony.

Kedua, untuk mengurangi kelelahan saat perjalanan jauh adalah mengatur posisi duduk yang nyaman. Selain itu, posisi memegang setir juga harus senyaman mungkin, supaya tidak cepat lelah.

"Aturlah posisi kursi yang paling nyaman dengan postur tubuh Anda. Jangan ikut-ikutan, karena setiap orang memiliki postur berbeda. Posisi yang tepat adalah saat Anda bisa dengan mudah mengatur kaki dalam mengoperasikan pedal gas, kopling dan rem," ujarnya.

Ketiga, jangan mudah tersulut emosi. Biasanya hal ini terjadi saat ada pengendara lain ugal-ugalan. Lebih baik mengalah serta tetap sabar sehingga konsentrasi tidak terganggu dan lebih rileks.

Keempat, adalah beristirahat sejenak ketika perjalanan. Jadi setelah menempuh perjalanan selama tiga sampai empat jam, lebih baik beristirahat sejenak sekitar 15 menit. "Anda bisa meregangkan otot atau sekedar makan ataupun minum untuk menghilangkan kejenuhan," ujar Sony.

Kelima, dalam mengurangi kelelahan saat perjalanan jauh adalah membuat kabin tidak panas. Caranya adalah memasang kaca film dengan tingkat kegelapan yang pas.

"Pasanglah kaca film yang bisa menolak sinar ultraviolet dengan maksimal, sehingga di dalam kabin tidak akan terasa panas dan udaranya tetap adem," katanya.

Keenam, adalah mencari tempat pemberhentian yang aman jika dirasa lelah atau mengantuk. Carilah tempat yang ramai seperti SPBU, rest-area, tempat rekreasi dan restoran.

"Tidurlah walau sebentar supaya tubuh kembali segar bugar. Jangan memaksakan mengkonsumsi kopi untuk membuat Anda tetap terjaga," ujar Sony.

Editor : Dani Dahwilani