Menjajal Ketangguhan SUV Suzuki XL7, Bagaimana Akselerasi dan Kenyamanannya?

Dani M Dahwilani ยท Senin, 30 Maret 2020 - 11:45 WIB
Menjajal Ketangguhan SUV Suzuki XL7, Bagaimana Akselerasi dan Kenyamanannya?

Suzuki XL7 menggunakan platform Heartect membuat kendaraan lebih ringan, kokoh dan meningkatkan performa, serta efisiensi bahan bakar. (Foto: iNews.id/Dani M Dahwilani)

JAKARTA, iNews.id - Suzuki baru saja meluncurkan sport utility vehicle (SUV) XL7 di Indonesia. Mobil ini mencuri perhatian dengan tampilannya yang serba baru.

Secara fisik Suzuki XL7 memiliki postur lebih jangkung dari basisnya, Ertiga dengan penggunaan pelek 16 inci. Bumper depan dan belakang besar sehingga terlihat tangguh.

Bagaimana experience mengendarai low SUV teranyar Suzuki ini? iNews.id mendapatkan kesempatan menjajal XL7. Mobil yang dikendarai adalah tipe tertinggi XL7 Alpha transmisi otomatis.

Rute yang dipilih jalanan perkotaan serta lintasan menantang di pesisir Jakarta dan pegunungan wilayah Bogor. Total jarak yang ditempuh lebih dari 350 km, sehingga relatif cukup waktu untuk menguji ketangguhan mobil ini.

 

XL7 memiliki konfigurasi tujuh tempat duduk, sehingga cocok sebagai kendaraan keluarga dan dibawa berbagai aktivitas. Walau kendaraan diisi penuh bersama keluarga mobil ini terasa lapang dan nyaman.

Suzuki XL7 memiliki dimensi panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.710 mm, dengan jarak sumbu roda 2.740 mm, menjadikan jarak kursi tengah dan belakang cukup luas. Kursi baris ketiga yang biasanya pada model kendaraan lain seperti dianaktirikan sempit. Kursi belakang XL7 nyaman, lutut penumpang dewasa tidak mentok dengan posisi kursi dapat diatur sesuai kebutuhan.

 

Bagian kursi belakang mobil ini juga bisa direbahkan hingga rata. Jika membawa barang banyak, tidak perlu khawatir karena bagasi sangat luas.

Tidak hanya itu, Suzuki XL7 dilengkapi kompartemen lengkap dari mulai kursi depan hingga baris ketiga. Masing-masing kursi memiliki cup holder dan di setiap baris dilengkapi row power outlet untuk mengisi daya ponsel. Istimewanya mobil memiliki ventilated cup holder yang ditempatkan di antara kursi depan, sehingga minuman tetap dingin dan segar selama di perjalanan.

 

Akselerasi dan Suspensi

Sebagai mobil SUV, Suzuki XL7 didukung ground clearance cukup tinggi 200 mm, sehingga enak diajak berakselerasi di berbagai kondisi jalan. Meski mendapat penyesuaian suspensi, XL7 tetap terasa empuk saat melewati jalan bergelombang.

Ini teruji saat diajak berlari di jalan layang Tol Bekasi-Karawang. XL7 tidak limbung walau dipacu di trek tidak rata.

Demikian juga di jalur tol dalam kota, mobil ini tak menemui kesulitan melibas jalanan di tengah padatnya kendaraan niaga besar. XL7 enak diajak bermanuver.

Kenyamanan mobil ini tak kalah dengan model MPV. Suara mesin terasa halus dan kabin senyap. Saat diajak melintasi jalur pesisir pelabuhan di wilayah Jakarta Utara mobil ini terlihat flamboyan, sehingga membuat pede pengendara dan penumpang.

 

Menuju wilayah pegunungan puncak Bogor, ketangguhan mobil ini benar-benar diuji. Mesin K15B terasa bertenaga saat melintasi jalanan menanjak ekstrem, baik jalan mulus maupun medan berbatu. Di mana jantung pacu XL7 memiliki daya maksimum 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 NM pada 4.400 rpm, sehingga lebih kuat di putaran bawah.

Suzuki XL7 menggunakan platform Heartect yang membuat kendaraan lebih ringan, kokoh dan meningkatkan performa, serta efisiensi bahan bakar. Dikendarai dengan kondisi penumpang penuh rata-rata konsumsi bahan bakar bisa mencapai 15 km/liter.

Pengendalian mobil ini sangat nyaman. Memiliki radius putar 5,1 meter, menjadikan pengemudi tidak kesulitan saat parkir atau beputar di jalan sempit. Di samping itu, ketika melewati tikungan tajam, handling mobil ini terasa dewasa, penumpang di belakang pun relatif tidak mengalami guncangan berarti.

Interior dan Fitur

Sebagai mobil modern, XL7 menyematkan banyak fitur canggih yang membuat pengalaman berkendara luar biasa melengkapi gaya hidup keluarga Indonesia.

Di bagian interior, Suzuki XL7 memiliki kabin lebih nyaman dengan warna hitam sporty dan armrest pada baris pertama serta kedua. Selain itu, terdapat audio system touch screen 8 inch, carbon fibered pattern dashboard, serta tampilan Multi Information Display (MID) yang modern.

 

Suzuki XL7 juga telah dilengkapi fitur AC digital auto climate with heater. Fitur ini tidak hanya menyejukan kabin, tapi juga dapat menghangatkan suhu dalam mobil ketika di luar hujan atau cuaca dingin.

Suzuki XL7 menggunakan fitur keyless push start, yang membuat pengendara tidak perlu menggunakan kunci saat menyalakan mesin mobil.

Pengendara juga dibantu dua titik sensor parkir. Untuk mempermudah pengendara, kamera belakang pun disediakan agar pengemudi bisa melihat posisi mobil saat hendak diparkir atau berputar.

 

Smart e-Mirror

XL7 dibekali teknologi canggih yang tidak ada di kompetitornya, yakni Smart E-Mirror. Fitur ini berfungsi sebagai spion tengah (kaca mirror) dan kamera yang dapat memantau segala aktivitas di perjalanan.

Jika melihat sekilas, spion tengah Suzuki XL7 tidak ada bedanya dengan mobil-mobil lain. Namun, ketika mirror dinyalakan seperti layar kecil.

 

Smart E-Mirror terhubung dengan kamera belakang dan kamera depan. Ini membuat pengendara dapat melihat situasi di belakang mobil hanya melihat spion tengah digital.

Selain itu, pengendara juga bisa memantau situasi di depan dan belakang mobil sehingga bisa mengatasi blind spot alias area titik buta. Ini sangat berguna untuk mengetahui jika ada benda atau anak kecil di depan/belakang kendaraan yang tak terlihat.

Tidak hanya itu, kamera depan XL7 bisa difungsikan sebagai dashcam. Fitur ini bisa merekam apapun yang terjadi selama perjalanan melalui kamera. Tak hanya gambar, kamera tersebut juga dapat merekam suara, sehingga fungsinya seperti blackbox di pesawat.

Fitur Keamanan

 

Sebagai kendaraan petualang keluarga, Suzuki XL7 dilengkapi sistem keamanan aktif dan pasif yang lengkap, antara lain dual SRS airbag. Terdapat pula ISOFIX, sebagai pengaman yang mengaitkan bagian bawah child car seat di jok mobil sehingga anak kecil di kursi penumpang aman dan nyaman selama perjalanan.

 

Kemudian terdapat Hill Hold Control (HHC). Fitur ini sangat berguna saat mobil melintasi jalanan menanjak, seperti di kawasan puncak. Ketika mobil berhenti ditanjakan tidak perlu khawatir mundur, karena fitur ini akan menahan kendaraan.

XL7 juga menyematkan Security Alarm, Immobilizer and Keyless Entry, sehingga pengemudi tenang saat memarkir kendaraan di tempat umum.

Untuk pengendalian dan pengereman XL7 dilengkapi teknologi Electronic Stability Programme (ESP) yang memberikan kestabilan, serta Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-Force Distribution (EBD) yang membuat pengereman berfungsi maksimal.

 

Secara garis besar selama perjalanan bersama Suzuki XL7 sangat menyenangkan. Pengendalian kendaraan, performa, fitur dan kenyamanan sesuai dengan ekpektasi sebagai kendaraan keluarga yang tangguh. Penumpang di bagian belakang juga nyaman selama mengikuti perjalanan jauh.

Melihat fitur-fitur dan teknologi yang diberikan, Suzuki XL7 sangat value for money.

 

 

Editor : Dani Dahwilani