Minimalkan Kecelakaan, Toyota Kembangkan Teknologi Keselamatan Terbaru

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 04 Februari 2020 - 20:15 WIB
Minimalkan Kecelakaan, Toyota Kembangkan Teknologi Keselamatan Terbaru

Hindari kecelakaan terutama pengendara lanjut usia, Toyota tengah mengembangkan teknologi keselamatan terbaru. (Foto: Toyota)

TOKYO, iNews.id - Raksasa otomotif Jepang, Toyota tengah mengembangkan teknologi keselamatan terbaru. Fitur ini akan memanfaatkan 'big data' untuk mencegah pengemudi jika salah menginjak pedal gas atau rem saat berkendara.

Dikutip dari Reuters, Selasa (4/2/2020), teknologi bernama Accelerator Suppression Function itu akan dipasang pada model mobil baru Toyota di Jepang. Fitur ini diharapkan mencegah masyarakat lanjut usia mengalami kecelakaan karena salah menginjak pedal.

Berdasarkan data pemerintah Jepang, 15 persen kecelakaan berat di jalan raya sepanjang 2018 disebabkan pengemudi dengan rataan usia 75 tahun ke atas. Dari latar belakang inilah Toyota menghadirkan teknologi tersebut.

Nantinya, big data akan mengumpulkan dan membaca data mobil-mobil terkoneksi yang beroperasi di jalan. Sistem tersebut akan bekerja secara otomatis tanpa perintah pengemudi.

Sebagai informasi, sebelumnya Toyota juga sudah memiliki fitur keamanan bernama Safety Sense generasi pertama yang meluncur pada 2015. Sistem ini berfungsi melakukan pengereman darurat otomatis dan lane departure alert.

Pada 2018, Toyota kembali menghadirkan fitur keamanan Safety Sence generasi kedua yang memungkinkan mobil mengenali pejalan kaki di malam hari dan pengendara sepeda.


Editor : Dani Dahwilani