Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Hyundai Palisade Hybrid 2026 Dirilis, Intip Spesifikasinya
Advertisement . Scroll to see content

Mobil Baru Setahun Rusak, Apakah Diganti? Begini Kata Hyundai

Rabu, 21 Februari 2024 - 07:05:00 WIB
Mobil Baru Setahun Rusak, Apakah Diganti? Begini Kata Hyundai
Jika mobil mobil baru setahun terjadi kerusakan, apakah ada jaminan diganti dengan yang baru? (Foto: iNews.id)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Jaminan kendaraan atau garansi menjadi perhatian konsumen saat memilih mobil. Jika mobil terjadi kerusakan apakah ada jaminan diganti?

Faktanya tidak semua pabrikan mobil memberikan jaminan mengganti kendaraan. Jika terjadi kerusakan, pabrikan hanya me-recall, mengganti atau memperbaiki suku cadang yang rusak.  

Namun, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menyatakan siap mengganti mobil dengan yang baru jika kendaraan mengalami kerusakan 50 persen dalam waktu setahun sejak dikirim ke konsumen. Bagaimana mekanismenya?

Head of Sales Strategy Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Christian Abraham Gandawinata mengatakan, jaminan yang sebelumnya dikenal dengan nama Hyundai Owner Assurance Program tadinya hanya berlaku untuk Hyundai Stargazer dan Creta, namun saat ini diperluas untuk pengguna Ioniq 5, Ioniq 5 Batik dan Ioniq 6. 

"HMID telah mempersiapkan berbagai layanan purnajual yang dapat dimanfaatkan konsumen lewat program Hyundai Jaga. Program tersebut meliputi garansi dasar, gratis biaya jasa perawatan, gratis suku cadang, gratis 24 jam Roadside Assistance, hingga ketersediaan Hyundai Genuine Accessories," ujarnya, dalam press conference di IIMS 2024. 

Christian menjelaskan, terkait dengan garansi kepemilikan mobil terdapat Hyundai Jamin. Layanan ini menghadirkan berbagai manfaat bagi konsumen, meliputi Jamin ganti mobil baru; Jamin harga jual 70 persen; Jamin pelunasan cicilan; Jamin biaya medis konsumen; serta Jamin penggantian biaya ban. 

"Jamin ganti mobil baru, yaitu jaminan penggantian mobil baru dengan tipe, warna, dan spesifikasi yang sama jika mobil mengalami nilai kerusakan minimal 50 persen. Berlaku sampai dengan 1 tahun setelah mobil dikirim," katanya.

Namun, Christian mengingatkan jaminan tersebut bisa gugur apabila kendaraan rusak karena terbakar, terendam banjir, kerusuhan, dan tindakan mengemudi melanggar hukum (peraturan lalu lintas).

Dia menerangkan untuk jamin harga jual 70 persen, yaitu jaminan bagi konsumen yang ingin menukarkan mobil Hyundai mereka dengan kendaraan baru lain. "Nilai jual mobil senilai 70 persen dari harga pembelian awal sejak 3 tahun pertama kepemilikan," ujarnya.

Christian memaparkan jamin pelunasan cicilan, yaitu jaminan pelunasan pembiayaan selama masa tenor bagi pemilik kendaraan apabila mengalami kecelakaan. Berlaku khusus bagi pengguna Hyundai Finance.

Adapun jamin biaya medis konsumen, yaitu jaminan biaya perawatan medis bagi pengendara dan penumpang apabila mengalami kecelakaan. Jaminan ini berlaku untuk maksimal tujuh orang dengan biaya hingga Rp100 juta per individu. Layanan ini berlaku 1 tahun setelah mobil diterima oleh pelanggan.

"Jamin penggantian biaya ban, yaitu jaminan penggantian biaya pembelian ban baru dengan tipe dan ukuran yang sama bagi pelanggan. Manfaat ini berlaku selama 1 tahun setelah serah terima kendaraan dan diberikan bila ban yang rusak akibat kecelakaan sudah tidak dapat digunakan lagi," kata Christian

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut