Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : China Dukung Proposal Indonesia soal Royalti Global di Lingkungan Digital
Advertisement . Scroll to see content

Mobil China Serbu Pasar Indonesia, Apa Mereka Akan Saling Makan?

Senin, 09 Oktober 2023 - 09:19:00 WIB
Mobil China Serbu Pasar Indonesia, Apa Mereka Akan Saling Makan?
Pasar otomotif Indonesia semakin ketat seiring banyaknya brand mobil China masuk pasar dalam negeri. (Foto: Dok iNews.id)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id – Pasar otomotif Indonesia semakin ketat seiring banyaknya brand mobil China masuk pasar dalam negeri. Ini terlihat dalam pameran GIIAS 2023, sejumlah brand asal China memamerkan model kendaraan terbaru mereka.

Produsen mobil asal Negeri Tirai Bambu tersebut berani memberikan harga lebih murah dengan teknologi mumpuni dibandingkan merek lain yang sudah eksis di Tanah Air. Namun yang menjadi pertanyaan apakah mereka akan saling memakan pasar sendiri.

Seperti diketahui, setelah Wuling merek mobil China di pasar kendaraan penumpang (passenger car) hadir DFSK, kemudian MG, Chery, Neta, Haval, Ora, Tank dan GMC. Bagaimana tangapan Wuling menyikapi ini?

Brand and Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani mengatakan pihaknya senang karena ada banyak merek asal China yang masuk ke Indonesia. Ini juga membuktikan mobil China sudah mulai diterima konsumen di Tanah Air.

Semakin banyak pesaing, Dian menjelaskan bakal menguntungkan calon konsumen karena lebih banyak pilihan. Selain itu, produsen juga akan memasang harga terbaik demi memikat calon konsumen.

“Konsumen jadi diuntungkan, pilihan lebih banyak. Kompetisi itu di antara industri otomotif, satu yang paling diuntungkan adalah konsumen, pasti. Semua brand berlomba-lomba memberikan harga yang terbaik,” ujar Dian kepada wartawan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Dian mengakui tantangan yang dihadapi akan jauh lebih berat karena sejumlah brand asal China membawa kendaraan dengan model terkini. Terlebih soal harga dipasang cukup terjangkau yang dapat memikat konsumen di Indonesia.

“Tantangan pasti ada. Tapi kalau kita bicara kacamata besa, yang jelas dari sisi kita sama-sama berlomba-lomba memenangkan hati konsumen Indonesia seperti apa,” kata Dian.

“Tapi masing brand punya strategi sendiri, apakah dari sisi produk, harga, apakah itu dari sisi layanan, banyak hal yang diunggulkan. Wuling cukup percaya dengan produk yang dikeluarkan,” ujarnya.

Dian menegaskan Wuling saat ini percaya lini model yang dipasarkan cukup membawa posisi mereka kuat di pasar. Itu terlihat dari sambutan hangat terhadap sejumlah model yang ditawarkan.

“Saat ini Almaz RS dan Almaz Hybrid yang terbaru, itu juga bisa memenangkan hati konsumen Indonesia. Saya tidak bisa ngomong, itu konsumen yang memutuskan,” ucapnya.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut