Mobil Lama Diam di Rumah Wajib Diisi Bensin Full Tank, Ini Dampaknya bila Kosong

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 17 Mei 2020 - 09:07 WIB
Mobil Lama Diam di Rumah Wajib Diisi Bensin Full Tank, Ini Dampaknya bila Kosong

Tangki bahan bakar penuh dapat menangkal terciptanya kondensasi yang bisa menimbulkan butiran air dan tangki bensin bocor. (Foto: JX Expo)

JAKARTA, iNews.id - Saat mobil lama diparkir di rumah, bukan berarti bahan bakar minyak (BBM) tidak perlu diperhatikan. Justru pada saat mobil diam lama bensin harus diisi penuh alias full tank.

Kenapa demikian? Head of After Sales & CS Operation PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan, tangki bahan bakar penuh dapat menangkal terciptanya kondensasi. Soalnya tak ada sisa ruang di penampung. Bila sampai terbentuk embun, kualitas bensin menurun.

"Kondensasi menimbulkan butiran-butiran air. Ini sebagai dampak dari pengembunan akibat udara terjebak di dalam tangki bahan bakar," ujarnya, dalam video conference, baru-baru ini.

Dia menyebutkan jika lama dibiarkan efeknya cukup membahayakan, karena berisiko menyumbat injektor dalam sistem pembakaran jantung mekanis. Dampak lain, residu yang mengendap di dasar tangki dapat menyebabkan kebocoran.

"Jika kandungan air tinggi tangki bisa karatan dan keropos. Ini bisa menyebabkan tangki bocor," kata Boediarto.

Di samping itu, bahan bakar yang mengandung air membuat kinerja mesin akan terganggu. "Suplai bahan bakar ke injector pastinya akan terganggu. Ini berimbas pada kinerja mesin," ujarnya.

Editor : Dani Dahwilani