Mobil Nasional AMMDes Siap Dikembangkan Jadi Kendaraan Listrik

Riyandy Aristyo ยท Senin, 09 September 2019 - 16:31 WIB
Mobil Nasional AMMDes Siap Dikembangkan Jadi Kendaraan Listrik

KMWI siap mengembangkan mobil nasional Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) menjadi kendaraan listrik. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) siap mengembangkan mobil nasional Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) menjadi kendaraan listrik. Meski butuh banyak proses, kendaraan ini cukup reliable saat dilengkapi dengan konsep power charging.

Presiden Direktur KMWI e-AMMDes, Reiza Treistanto mengatakan, kendaraan ini akan dilengkapi aplikasi Smartdashboard, yang berfungsi menampilkan aneka informasi kepada orang yang mengoperasikannya.

"Informasi yang ditampilkan, yakni kecepatan, jarak tempuh, status baterai, dan status motor. Smartdashbord juga berfungsi sebagai pengaman e-AMMDes," ujar Reiza di Jakarta, beberapa hari lalu.

Dia menambahkan, tanpa Smartdashboard terpasang e-AMMDes tidak akan dapat dioperasikan. Smartdashboard dirakit dengan basis smartphone, sehingga memiliki fungsi ganda.

"Ketika Smartdashboard tidak terpasang di e-AMMDes, komponen tersebut akan berfungsi layaknya smartphone. Tapi, apabila terpasang, sebagian fungsi smartphone-nya masih dapat digunakan, seperti internet dan peta," ujarnya.

Sekadar informasi, e-AMMDes dirancang dengan fungsi beragam, seperti alat transportasi untuk mobilisasi hasil pertanian yang lebih efisien serta ramah lingkungan.


Editor : Dani Dahwilani