Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Kenalkan Teknologi Suspensi Canggih, BYD Bawa Standar Baru Kenyamanan Mobil di Indonesia
Advertisement . Scroll to see content

Mobil Tak Nyaman dan Ban Cepat Aus, Ini 4 Bagian Kaki-kaki Kendaraan yang Harus Diperiksa

Jumat, 11 Februari 2022 - 11:59:00 WIB
Mobil Tak Nyaman dan Ban Cepat Aus, Ini 4 Bagian Kaki-kaki Kendaraan yang Harus Diperiksa
Salah satu masalah pada kaki-kaki kendaraan yang sebaiknya dihindari adalah roda tidak selaras sehingga memengaruhi suspensi dan kondisi ban. (Foto: SIS)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Mobil terasa tidak nyaman dan ban cepat aus menjadi masalah serius bagi pemilik kendaraan. Jika masalah ini terjadi komponen mobil yang perlu diperiksa adalah bagian kaki-kaki

Masalah pada kaki-kaki kendaraan yang sebaiknya dihindari adalah roda tidak selaras sehingga memengaruhi suspensi dan kondisi ban. Untuk mengatasinya pemilik kendaraan harus melakukan pemeriksaan dan pengaturan wheel alignment (sporing) secara berkala. 

"Ini penting untuk memastikan kondisi roda sudah selaras dan seimbang antara Camber, Caster, Toe, dan Kingpin Inclination. Wheel alignment berfungsi memastikan stabilitas suspensi kendaraan agar bekerja baik dan membuat usia roda lebih awet," ujar Hariadi, Asst to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/2/2022). 

Dia menjelaskan pastikan sudut ban terpasang dengan benar karena hal tersebut dapat memengaruhi cara ban bersentuhan dengan jalan. Berikut empat komponen kaki-kaki kendaraan yang perlu diperhatikan:

1. Camber

Camber adalah tingkat kemiringan roda pada bagian atas apabila dilihat dari sudut vertikal. Pemeriksaan ini untuk memastikan sudut ban tidak miring ke dalam atau ke luar. Apabila camber tidak sejajar (selaras), mungkin dipengaruhi kerusakan pada bantalan yang aus, suspensi roda, atau sambungan joint. 

Camber memiliki dua jenis sudut, yaitu positif dan negatif. Untuk positif, bagian atas memiliki kemiringan ke arah luar. Ini bertujuan untuk menyeimbangkan ban bagian bawah yang tertekan ke luar saat dibebani dan beban pada steering berkurang. 

Sementara sudut negatif, bagian atas memiliki kemiringan ke arah dalam yang berfungsi untuk mengupayakan kendaraan stabil dan juga lurus. Camber negatif biasanya digunakan untuk mobil yang memiliki ground clearance rendah atau ceper atau mobil balap yang membutuhkan kestabilan tinggi saat berbelok tajam dengan kecepatan tinggi.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut