Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Kenalkan Teknologi Suspensi Canggih, BYD Bawa Standar Baru Kenyamanan Mobil di Indonesia
Advertisement . Scroll to see content

Mobil Tak Nyaman dan Ban Cepat Aus, Ini 4 Bagian Kaki-kaki Kendaraan yang Harus Diperiksa

Jumat, 11 Februari 2022 - 11:59:00 WIB
Mobil Tak Nyaman dan Ban Cepat Aus, Ini 4 Bagian Kaki-kaki Kendaraan yang Harus Diperiksa
Salah satu masalah pada kaki-kaki kendaraan yang sebaiknya dihindari adalah roda tidak selaras sehingga memengaruhi suspensi dan kondisi ban. (Foto: SIS)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Mobil terasa tidak nyaman dan ban cepat aus menjadi masalah serius bagi pemilik kendaraan. Jika masalah ini terjadi komponen mobil yang perlu diperiksa adalah bagian kaki-kaki

Masalah pada kaki-kaki kendaraan yang sebaiknya dihindari adalah roda tidak selaras sehingga memengaruhi suspensi dan kondisi ban. Untuk mengatasinya pemilik kendaraan harus melakukan pemeriksaan dan pengaturan wheel alignment (sporing) secara berkala. 

"Ini penting untuk memastikan kondisi roda sudah selaras dan seimbang antara Camber, Caster, Toe, dan Kingpin Inclination. Wheel alignment berfungsi memastikan stabilitas suspensi kendaraan agar bekerja baik dan membuat usia roda lebih awet," ujar Hariadi, Asst to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/2/2022). 

Dia menjelaskan pastikan sudut ban terpasang dengan benar karena hal tersebut dapat memengaruhi cara ban bersentuhan dengan jalan. Berikut empat komponen kaki-kaki kendaraan yang perlu diperhatikan:

1. Camber

Camber adalah tingkat kemiringan roda pada bagian atas apabila dilihat dari sudut vertikal. Pemeriksaan ini untuk memastikan sudut ban tidak miring ke dalam atau ke luar. Apabila camber tidak sejajar (selaras), mungkin dipengaruhi kerusakan pada bantalan yang aus, suspensi roda, atau sambungan joint. 

Camber memiliki dua jenis sudut, yaitu positif dan negatif. Untuk positif, bagian atas memiliki kemiringan ke arah luar. Ini bertujuan untuk menyeimbangkan ban bagian bawah yang tertekan ke luar saat dibebani dan beban pada steering berkurang. 

Sementara sudut negatif, bagian atas memiliki kemiringan ke arah dalam yang berfungsi untuk mengupayakan kendaraan stabil dan juga lurus. Camber negatif biasanya digunakan untuk mobil yang memiliki ground clearance rendah atau ceper atau mobil balap yang membutuhkan kestabilan tinggi saat berbelok tajam dengan kecepatan tinggi.


 
2. Caster

Caster adalah sudut dari garis simetri kingpin dan garis vertikal di bidang datar. Sudut ini berfungsi menyeimbangkan kemudi, memberikan stabilitas, dan menyeimbangkan kendaraan ketika di jalanan menikung. Caster diatur agar sudutnya tetap di tengah, agar sumbu kemudi tetap lurus dan seimbang, karena apabila tidak seimbang maka mobil akan mengarah ke satu sisi saja. 

Caster terdiri atas dua jenis, yaitu positif dan negatif. Caster positif yaitu posisi ketika bagian atas roda mengarah ke belakang kendaraan. Caster positif membuat titik pusat permulaan dari singgung ban dengan jalan ada di belakang titik potong sumbu kingpin. 

Sementara Caster negatif, posisi ketika bagian atas roda mengarah ke depan kendaraan. Ada juga caster nol yakni ketika garis simetri pada kingpin atau tumpuan sejajar bersama garis vertikal yang datar. Kelebihan dari caster adalah untuk roda kemudi yang akan kembali lurus ketika pengemudi membelokkan kendaraan.
 
3. Toe

Toe adalah sudut yang berbelok ke dalam atau ke luar apabila dilihat dari atas menggunakan alat ukur yang digunakan. Apabila terjadi kesalahan maka dapat mempercepat keausan roda. Berbeda dengan caster dan camber, pengukuran toe menggunakan satuan inci. 

Toe sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu toe in dan toe out. Pemeriksaan ini adalah untuk memastikan sudut ban tidak terlalu belok ke dalam atau ke luar atau perlu disesuaikan. Apabila jarak antara roda kanan dan kiri sudah sesuai, dan bagian belakangnya sudah sesuai, maka laju mobil akan seimbang dan dapat berjalan lurus.


 
4. Kingpin Inclination 

Kingpin Inclination adalah sudut terhadap garis vertikal dan bisa dilihat dari bagian depan kendaraan, atau disebut juga Steering Axis Inclination yang dapat menimbulkan jarak offset semakin kecil. Pemeriksaan ini berfungsi untuk mengetahui kestabilan kemudi ketika menggelinding di sekitar kingpin. 

Saat kendaraan berhenti, maka gaya jadi lebih kecil untuk memutarkan kemudi. Pemeriksaan ini juga dapat menciptakan pengaruh self centering yang lebih kuat, membuat roda depan yang dibelokkan saat melewati tikungan dapat kembali lurus ke depan.
 
Hariadi menegaskan pentingnya pemeriksaan wheel alignment atau spooring adalah untuk menghindari kondisi mobil yang tidak seimbang atau tidak berjalan lurus dan sangat penting dilakukan setidaknya enam bulan sekali. 

"Apabila mobil terkena benturan, sering melewati jalan berlubang, kemudi terasa berat, tidak stabil, roda tidak kembali dengan baik, dan ban cepat aus, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan di bengkel resmi untuk menjaga kondisi mobil tetap stabil, baik saat digunakan jarak dekat maupun jauh,” kata Hariadi.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut