Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Pengujian Tipe Kendaraan Tak Lagi Harus ke Luar Negeri, Ini Faktanya! 
Advertisement . Scroll to see content

Pasar Kendaraan Komersial Tertekan pada 2020, Ini Strategi Isuzu di 2021  

Kamis, 11 Februari 2021 - 14:11:00 WIB
Pasar Kendaraan Komersial Tertekan pada 2020, Ini Strategi Isuzu di 2021  
Menghadapi 2020, Isuzu terus berupaya menjadi mitra strategis pelanggan dalam mendukung kegiatan bisinis yang lebih efektif dan efisien. (Foto: Isuzu)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Gaikindo mencatat realisasi penjualan (retail sales) otomotif pada 2020 sebanyak 578.306 unit. Jumlah tersebut turun 44,6 persen dibandingkan 2019. 

Khusus segmen komersial penjualan retail pada 2020 terjadi penurunan 37,8 persen. Kendati demikian, Isuzu mencatatkan penurunan lebih kecil, yakni 29,5 persen. Isuzu membukukan penjualan 17.855 unit pada 2020 dengan market share naik 0,7 persen dibandingkan 2019.

Bahkan, untuk model Isuzu Traga mencatat kenaikan pangsa pasar dari 15,8 persen atau 6.151 unit pada 2019 menjadi 27,1 persen atau 6.660 unit pada 2020, tumbuh year to date sebesar 8,3 persen.

Bagaimana menghadapi 2021? Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Jap Ernando Demily mengatakan, sebagai Real Partner Real Journey, Isuzu terus berupaya menjadi mitra strategis pelanggan dalam mendukung kegiatan bisinis yang lebih efektif dan efisien. 

“DNA Isuzu yang sudah terkenal sejak Isuzu Panther (irit) inilah yang kami kembangkan pada kendaraan komersial Isuzu,” ujar Ernando, dalam video conference, Rabu (11/2/2021).

Marketing Division Head PT IAMI, Attias Asril menjelaskan, upaya jemput bola servis lewat layanan Bengkel Isuzu Berjalan (BIB) akan terus ditingkatkan pada 2021. Melalui strategi itu, konsumen tak perlu kehilangan waktu kendaraan harus mendatangi bengkel untuk servis. 

Dia menuturkan, kendaraan komersial biasanya memiliki jadwal jalan sangat padat. Terkadang mereka sulit mencari waktu untuk sekadar servis rutin. Sebab itu, dengan BIB, maka teknisi Isuzu yang mendatangi konsumen untuk servis. Bahkan, di sela-sela waktu mereka menunggu antrian untuk mengisi muatan bisa dilakukan servis rutin. saat ini ada sekitar 139 unit BIB yang siap melayani konsumen.

“Tak hanya itu, kita juga pernah servis di jalan tol dan di tengah hutan terhadap mobil konsumen yang memang membutuhkan servis. Itulah mengapa pada 2020, pelayanan BIB tumbuh 25-30 persen. Ternyata setelah kita proaktif mendatangi konsumen, kita mendapatkan sambutan yang sangat positif,” ujarnya. 

Pada 2021, Isuzu juga akan memperkuat jaringan bengkel mitra untuk mempersempit jarak jangkauan pelayanan agar konsumen mendapatkan pelayanan lebih cepat. Saat ini, terdapat 45 bengkel mitra Isuzu yang tersebar di sejumlah tempat. 

Gerai suku cadang Isuzu saat ini tercatat sebanyak 2.403 unit yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah ini akan terus ditingkatkan. Tujuannya agar konsumen dalam menjalankan bisnis semakin mudah mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan jika mengalami kerusakan di perjalanan, terutama suku cadang fast moving. Waktu tunggu bisa dipersingkat agar kegiatan bisnis mereka tidak terganggu.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut