Penjualan Mobil Tembus 188.660 Unit, Daihatsu Cetak Market Share 18,6 Persen
JAKARTA, iNews.id - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatatkan penjualan ritel (dealer ke konsumen) mobil nasional pada Januari-Desember 2022 naik 17,4 persen menjadi 1.013.582 unit. Bagaimana penjualan Daihatsu?
Daihatsu menutup 2022 dengan raihan positif. Ini ditunjukkan melalui data penjualan Daihatsu pada periode Januari-Desember 2022 mencatatkan penjualan ritel 188.660 unit, atau naik 24,9 persen dibandingkan periode yang sama 2021, sejumlah 151.107 unit.
Marketing and CR Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, kenaikan penjualan Daihatsu lebih besar dari pencapaian rata-rata penjualan nasional sebesar 18,6 persen. Ini merupakan tertinggi selama 14 tahun.
“Capaian selama 2022 ini dapat mempertahankan Daihatsu di posisi nomor 2 pasar otomotif di Indonesia, sekaligus mencatat capaian market share tertinggi dalam sejarah penjualan Daihatsu di Indonesia,” ujar Hendrayadi dalam Media Gathering di Jakarta, Selasa (17/1/2023).
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu hingga selama 2022 tetap didominasi top 3 model, yaitu Sigra sebanyak 47.066 unit, atau berkontribusi sekitar 24,9 persen, disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 45.617 unit (24,2 persen); dan Xenia dengan raihan 23.966 unit (12,7 persen).
Editor: Dani M Dahwilani