Persaingan Makin Ketat, Mitsubishi Optimistis Hadapi Pasar Otomotif di Indonesia
JAKARTA, iNews.id – Persaingan pasar otomotif di Indonesia semakin ketat. Ini seiring dengan kehadiran brand-brand otomotif baru, perubahan tren pasar dan perkembangan teknologi yang kian pesat.
Di sisi lain, pasca pandemi Covid-19 pasar otomotif kembali mendekati level normal pada 2022 menyentuh angka 1 juta unit, naik 17 persen dibandingkan 2021. Ini juga dirasakan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) memanfaatkan momentum tersebut dengan menjaga pangsa pasar di angka 10,6 persen pada 2022.
Memasuki 2023, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah memproyeksikan penjualan mobil baru sebanyak 975.000 unit. Proyeksi ini menjadi dorongan bagi MMKSI mempertahankan eksistensi, meningkatkan kualitas produk, penjualan, dan purna jual kepada konsumen di tengah kompetisi yang semakin ketat.
“Upaya MMKSI di tahun lalu terjawab dengan capaian penjualan positif dan menjadi motivasi kami untuk meraih lebih baik. Lengalaman pada tahun lalu mengajarkan kami terus berinovasi demi memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kepuasan konsumen,” ujar Presiden Direktur PT MMKSI periode September 2018 – Maret 2023, Naoya Nakamura di Jakarta, Rabu (5/4/2023).
“Apresiasi yang baik dari konsumen serta capaian kami di 2022 menjadi semangat dan motivasi kami untuk terus mengimplementasikan komitmen kuat Mitsubishi Motors untuk Indonesia sebagai pasar yang sangat penting di Kawasan ASEAN. Saya mendapatkan banyak pengalaman terbaik selama bertugas di Indonesia," katanya.
Pergantian Presiden Direktur

Memimpin MMKSI selama hampir 5 tahun, Naoya Nakamura mengakhiri masa jabatannya di Indonesia hingga Maret 2023. Posisinya digantikan Atsushi Kurita. Dia memiliki andil penting di MMKSI dalam membangun fondasi dan kepemimpinan yang kuat mempertahankan bisnis perusahaan melewati berbagai rintangan terutama pada masa pandemi Covid-19.
Naoaya mampu menorehkan rekor penjualan terbesar untuk Mitsubishi Motors (MMC) sepanjang sejarah di Indonesia, yaitu pada 2021 dengan pencapaian 104.407 unit, berkontribusi lebih dari 12 persen terhadap penjualan Mitsubishi secara global, sekaligus menjadi penyumbang terbesar penjualan retail di MMC.
Sebagai penerus Naoya Nakamura, Atsushi Kurita akan melanjutkan kepemimpinan posisi Presiden Direktur PT MMKSI efektif per 1 April 2023, dan memulai strateginya untuk mengembangkan bisnis MMKSI dan brand Mitsubishi di Indonesia.
“Upaya MMKSI dalam meningkatkan brand, kualitas produk, dan layanan Mitsubishi Motors di Indonesia telah dirasakan dan direspons dengan capaian penjualan positif. Saya sangat antusias dan bersemangat melaksanakan tugas di MMKSI menyambut tahun fiskal 2023," ujar Atsushi Kurita.
Dia mengungkapkan pengalaman MMKSI pada tahun lalu menjadi motivasi dan referensi yang sangat berharga meraih capaian yang lebih baik, dan terus memberikan yang terbaik, guna menjaga kepuasan konsumen pada level maksimal.
Merujuk data penjualan retail Gaikindo pada 2022, kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia meraih penjualan 97.936 unit. Masing-masing penjualan model kendaraan penumpang sebanyak 69.629 unit, dan kendaraan niaga ringan 28.307 unit.
Terkait dengan layanan penjualan dan purnajual, MMKSI akan menambah enam dealer baru, menjadi total 173 jaringan. Selain itu, akan dibangun tujuh fasilitas authorized Bodi and Cat, menjadi total 29 fasilitas authorized Bodi and cat pada akhir tahun fiskal 2023.
Editor: Dani M Dahwilani