Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Penjualan Mobil LCGC Naik pada Oktober 2025, Ini yang Mendominasi
Advertisement . Scroll to see content

Persaingan Makin Panas Agya dan Ayla Bersolek, Bagaimana Nasib Honda Brio?

Sabtu, 25 Februari 2023 - 11:45:00 WIB
Persaingan Makin Panas Agya dan Ayla Bersolek, Bagaimana Nasib Honda Brio?
Yusak Billy, Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) menegaskan ada banyak pertimbangan tak melakukan penyegaran pada Honda Brio. (Foto: iNews.id)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id Toyota Agya dan kembarannya, Daihatsu Ayla telah mendapat ubahan besar. Ini menjadi ancaman bagi Honda Brio yang saat ini menduduki mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan 61.025 unit pada 2022.

Toyota juga melakukan strategi serupa dengan Honda yang membagi mobilnya dalam dua segmen, yaitu Agya LCGC dan Agya GR Sport (Gazoo Racing). Adapun Honda selama ini memiliki Brio LCGC dan Brio RS.

Lantas, kapan Honda Brio bersolek juga?  Menanggapi hal tersebut, Honda mengklaim tak terganggu dan yakin Brio masih menjadi pemimpin pasar di segmen LCGC.

Yusak Billy, Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) menegaskan ada banyak pertimbangan tak melakukan penyegaran pada Honda Brio. Menurutnya, model yang ada saat ini masih diminati banyak orang sehingga tak diperlukan perubahan.

“Penyegaran suatu produk tergantung pasarnya seperti apa, dan demandnya gimana. Dengan model sekarang permintaannya sangat tinggi, terutama di luar Pulau Jawa,” kata Yusak di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (24/2/2023).

Terakhir kali Honda Brio Satya mendapatkan penyegaran dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Hingga saat ini, Honda belum juga melakukan pembaruan karena permintaan yang masih tinggi dengan model yang ada saat ini.

Namun, HPM mengaku akan terus memantau pergerakan pasar dan siap melakukan penyegaran terhadap Honda Brio bila diperlukan. Namun, dalam waktu dekat produsen asal Jepang itu belum mau mengubah apa pun.

“Kami tetap optimistis Honda Brio masih jadi leader di segmen LCGC. Mobil kami itu sangat value for money, jadi kualitas global yang sudah teruji durabilitasnya. Fuel consumtion-nya bagus, purna jualnya mudah, resale value-nya baik, kualitasnya sangat baik, jadi sangat layak untuk dibeli. Jadi pasti bisa unggul,” ujar Yusak.

Mengenai Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang melakukan penyegaran, Honda menegaskan tak masalah dengan hal tersebut. Yusak menegaskan bahwa prioritas mereka adalah memberikan pelayanan maksimal kepada konsumennya.

“Terpenting konsumen mudah untuk memiliki dan merawat, itu prinsip bagi kita. Gimana supaya mereka gampang punya mobil, mudah untuk merawatnya, apa yang harus diberikan kepada konsumen. Itu yang selalu kita pikirkan,” ucapnya.

Honda Brio mencatat penjualan retail tertinggi di antara produk-produk merek berlogo H itu pada Januari 2023, dengan angka penjualan 4.531 unit. Jumlah tersebut berkontribusi sebesar 41 persen dari total penjualan Honda yang tercatat sebanyak 11.018 unit hanya pada Januari.

Editor: Ismet Humaedi

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut