Pertolongan Pertama saat Mobil Terendam Banjir

Riyandy Aristyo ยท Minggu, 12 Januari 2020 - 07:03 WIB
Pertolongan Pertama saat Mobil Terendam Banjir

Pertolongan pertama sangat penting, kerena mobil dapat sepenuhnya baik tergantung pada komponen elektrikal pascabanjir. (Foto: Dok/Auto2000)

JAKARTA, iNews.id - Cuaca hujan ekstrem yang melanda wilayah Indonesia menyebabkan banjir di sejumlah daerah. Banyak kendaraan yang terjebak dan terendam banjir sehingga mengalami kerusakan.

Bagaimana pertolongan pertama apabila mobil terendam banjir? Head After Sales Auto2000 Cabang Bekasi, Sapta Agung Nugraha mengatakan, mobil dapat sepenuhnya pulih tergantung pada komponen elektrikal kendaraan pascabanjir.

"Tentunya kami maksimalkan pulih sepenuhnya, namun hal ini sangat bergantung kepada komponen-komponen electrical. Kami lakukan semaksimal mungkin karena untuk electrical bisa terdeteksi oleh komputer yang kami miliki," ujarnya kepada iNews.id.

Sapta mengungkapkan kendaraan model sekarang sebagian besar komponennya menggunakan elektrikal. "Akan sangat menolong bila saat banjir sistem kelistrikan diputus sehingga tidak terjadi short circuit," katanya.

Untuk itu, diperlukan pertolongan pertama untuk mencegah kerusakan parah sebelum kendaraan dibawa ke bengkel. Pertama, lepas terminal negatif accu. Ini untuk mematikan tidak ada aliran listrik pada kendaraan, sehingga dapat mencegah korsleting yang menyebabkan kerusakan parah pada kendaraan.

Kedua, periksa saringan udara apakah masih kering atau tidak? Ketiga, periksa oli melalui dipstick apakah ada air tercampur oli? Ketiga, bersihkan sisa-sisa lumpur di bawah jok dengan air. Kelima, lepas jok dan karpet, bersihkan dengan air dan desinfectant. Keenam, setelah kondisi interior bersih dari lumpur, derek kendaraan ke bengkel untuk dicek mesin dan elektrikalnya.

Editor : Dani Dahwilani