Punya Mobil Modifikasi, Ini Perawatan yang Harus Dilakukan

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 28 Juli 2018 - 07:01 WIB
Punya Mobil Modifikasi, Ini Perawatan yang Harus Dilakukan

Agar biaya perawatan lebih murah, untuk servis mobil lebih baik dibawa ke bengkel tempat modifikasi. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Memodifikasi mobil agar terlihat eye cathing menjadi idaman para pemilik kendaraan. Terlebih jika part yang digunakan harganya mahal, sudah pasti perawatannya dapat merogoh kocek lebih dalam.

"Sebenarnya enggak mahal kok. Tapi, jika sudah dimodifikasi otomatis pemilik mobil harus ekstra memperhatikan kondisi mobil tersebut agar tetap nyaman dikendarai," ujar Dimas, pemilik bengkel Showcar Garade di Kedoya, Jakarta Barat.

Dia menyarankan, agar biaya servis lebih murah, mobil tersebut dibawa ke bengkel tempat mobil dimodifikasi. Biasanya, mekanik yang memodifikasi mobil itu sudah tahu bagian-bagian mana yang harus dicek.

"Mending sebulan sekali dibawa ke bengkel tempat dia modifikasi. Dengan catatan, mobil tersebut sering digunakan ya," katanya.

"Untuk jaga-jaga saja sih. Karena kalau rusaknya sudah parah malah bisa mahal dan lama pengerjaannya karena part-part tertentu cukup sulit juga dicarinya," ujar Dimas.

Dia menuturkan, untuk servis rutin seperti ganti oli dan pelumasan mobil dilakukan seperti biasa, tidak ada penanganan khusus. Kecuali, mobil sudah mengalami perombakan di bagian mesin.

"Servis rutin sih kebanyakan kalau yang belum diganti mesinnya tidak ada penanganan khusus ya, seperti mobil standar saja. Tapi, ya itu harus peka dan teliti," katanya.

"Nah, kalau mesinnya sudah banyak di-upgrade, tentu olinya pun tidak bisa sembarangan. Harus ada racikan khusus," ujar Dimas.


Editor : Dani Dahwilani