Sejarah Mercedes-Benz E-Class, Mobil Eksekutif dari 1926 hingga 2020.
STUTTGART, iNews.id - Meskipun sebutan E-Class pertama kali muncul pada 1993 untuk generasi W124, mobil eksekutif Mercedes-Benz ini sebenarnya memiliki sejarah panjang sejak 1926. Bagaimana perjalanan mobil ini?
Dilansir dari Carscoops, (Minggu 23/8/2010), saat Mercedes-Benz baru terbentuk, perusahaan meluncurkan tipe 8/38 PS (W02), dan dinamai Stuttgart 200 dua tahun kemudian. Rentangnya termasuk 200 (W21), 230 (W143) dan 260 D (W138), masing-masing diluncurkan pada 1933, 1936 dan 1936, terakhir menjadi mobil penumpang pertama di dunia yang didukung mesin diesel.
1946-1955: 170 V sampai 170 DS

Setelah Perang Dunia II berakhir, perusahaan melanjutkan produksi mobil penumpang pada 1946 dengan model 170 V. Model ini sebenarnya diproduksi pada 1936, tetapi ditingkatkan untuk digunakan untuk layanan penyelamatan, polisi, dan pedagang.
Satu tahun kemudian, saloon yang sesuai diluncurkan sebagai merek mobil pasca-perang pertama, dengan mesin 38 HP, yang ditingkatkan menjadi 44 HP hingga 1950.
Perkembangan lebih lanjut menyebabkan perluasan seri. Diesel 170 D keluar pada 1949, awalnya dengan 38 HP dan dari 1950 dengan 40 HP. 170 S Saloon, dengan bodi baja dan mesin 52 HP, yang juga tersedia sebagai Cabriolet A dan Cabriolet B, bergabung dengan jajaran ini dan bertindak sebagai model top-of-the-line, hingga model enam silinder 220 dan 300 diperkenalkan.
Mercedes 170 DS Diesel 40 HP diluncurkan pada 1952, dan diikuti tahun berikutnya 170 S-V dan 170 S-D yang berproduksi hingga 1955.
1952-1962: Mercedes-Benz Ponton dan Kisah 'Erlkonig'

Pada 1952, majalah Jerman 'Das Auto, Motor und Sport' menerbitkan gambar model 180 prototipe, disertai dengan parodi balada 'Erlkonig' Goethe, dan sejak itu, kata tersebut menjadi identik dengan scoop dalam bahasa Jerman.
Model empat pintu menandakan dimulainya era baru, saat sedan "gaya ponton" keluar pada 1953 dengan desain three box, aerodinamika yang ditingkatkan, dan mesin 1.9 liter yang menghasilkan tenaga 52 HP, yang kemudian ditingkatkan menjadi 65 dan 68 HP. Model six-pot diluncurkan pada 1954, bersama dengan varian diesel 180 D, ditawarkan dengan tenaga 40 HP pada awalnya, kemudian ditingkatkan jadi 43 HP dan 48 HP, masing-masing dari 1955 dan 1961.
Model 190 diluncurkan dari jalur perakitan pada 1956 dengan 75 HP, dan tiga tahun kemudian, ditingkatkan menjadi 80 HP, sedangkan 50 HP 190 D diperkenalkan pada 1958.
Total, sekitar 443.000 pelanggan di seluruh dunia memilih Ponton empat pintu yang tertarik desain baru, mesin kompetitif, poros ayun sambungan tunggal dengan titik pivot rendah di bagian belakang yang diperkenalkan pada 1955, dan sistem keselamatan pasif dengan interior ditingkatkan pada 1959.
1961-1968: Mercedes-Benz 'Tail Fin' dengan Keamanan Pasif dan Fitur Modern

Generasi W110 memulai debutnya pada 1961 dengan julukan baru, Tail Lin alias Sirip Ekor, karena desain sayap belakang yang khas. Itu juga datang dengan peningkatan fitur keselamatan pasif, seperti sel penumpang yang digabungkan dan zona crumple di kedua ujung. Rem cakram depan diperkenalkan pada 1963, dan pada 1967 mendapatkan kemudi teleskopik yang menyerap benturan.
Keluarga mobil ini terdiri atas 190 dan 190 D, diikuti 200 dan 200 D pada 1965, dan six pot 230, dengan 105 HP, yang ditingkatkan menjadi 120 HP pada 1966. Versi jarak sumbu roda panjang 200 D dan 230 adalah tersedia, dan perusahaan independen memproduksi turunan lainnya, termasuk mobil estate dan ambulans.
Pilihan seperti power steering, sunroof, jendela belakang berpemanas, AC, jendela elektrik, dan transmisi otomatis diperkenalkan untuk model ini.
1968-1976: Mercedes-Benz Stroke/8

Desain baru, turunan coupe, dan limusin jarak sumbu roda panjang, dengan tujuh atau delapan kursi, W114 / W115 dijuluki 'Stroke/8', berdasarkan akhiran yang mengacu pada peluncuran (1968). Ini adalah model pertama Mercy yang terjual di lebih dari 1 juta unit, dan pada 1976, lebih dari 1,8 juta salon dan 67.000 coupe telah dibangun.
Penunjukkan W114 digunakan untuk mesin enam silinder, dan W115 untuk mesin empat dan lima-pots. Adapun model yang menonjol adalah 250 CE, dengan 150 HP dan injeksi bahan bakar Bosch, serta 280 dan 280 E, dengan mesin 160 dan 185 HP.
Stroke/8 ditawarkan dengan suspensi yang lebih canggih, dengan anti-roll bar sebagai standar, transmisi manual lima-percepatan, penguncian sentral, dan velg ringan. Pada 1973, lineup ini mengalami facelift dengan tampilan yang diperbarui, roda kemudi pengaman empat palang dan sandaran kepala standar serta sabuk pengaman reel inersia di bagian depan.
Selain itu, mobil tersebut menjadi mobil penumpang pertama di dunia yang ditenagai mesin diesel lima silinder, 80 HP 240 D 3.0, diluncurkan pada 1974.
1976-1986: Estate Pertama

Pada 1976, lineup ditingkatkan sekali dengan pengenalan seri model 123. Sekitar 2,7 juta unit dibangun hingga 1986, yang menjadikannya E-Class paling populer hingga saat itu. Beberapa pelanggan harus menunggu hingga satu tahun untuk menerima pengiriman, membuat harga jual kembali tetap tinggi.
Dipicu ambisi perusahaan Belgia IMA untuk meluncurkan estate E-Class pada 1966, yang dijual di jaringan dealer Mercedes-Benz di Jerman, seri 123 adalah yang pertama menawarkan gaya bodi langsung dari pabrik. Itu bergabung dengan coupe, wheelbase panjang tujuh atau delapan tempat duduk limusin dan sedan.
Jajaran mesin juga ekstensif, dengan output berkisar antara 55 dan 177 HP, dan itu termasuk turbodiesel 125 HP, 300 TD dengan turbocharger gas buang. Suspensi depan double wishbone, kolom safety steering, tangki bahan bakar terlindungi dari benturan, cruise control opsional, ABS, airbag pengemudi, dan power assisted steering juga tersedia.
123 membuktikan kredensial balapnya di reli London-Sydney, dengan dua model 280 Es meraih dua tempat pertama, dan dua lainnya finis di sepuluh besar.
Mercedes juga bereksperimen dengan bahan bakar alternatif, seperti listrik, hidrogen, dan LPG, pada generasi E-Class.
1984-1997: Mercedes-Benz E-Class Pertama

Lebih beragam dari sebelumnya, generasi ini ditawarkan dalam empat model bodi, yaitu sedan, estate, coupe, dan untuk pertama kalinya dalam sejarah, cabriolet, plus varian wheelbase panjang dan model khusus lainnya.
Mesin bensin dan diesel tersedia untuk seri model 124, mulai dari 72 hingga 326 HP di 500 E yang memulai debutnya pada 1990. E 60 AMG diluncurkan pada 1993 dan meningkatkan taruhannya dengan mesin 381 HP, sementara fitur-fitur, seperti sistem penggerak empat roda 4Matic dan suspensi belakang independen multi-link diperkenalkan.
Sejalan dengan C-Class yang lebih kecil dan S-Class yang lebih besar, 124 dijuluki E-Class pada Juni 1993, saat facelift siklus paruh waktu model diluncurkan.
Pada saat produksi berakhir, Mercedes telah membangun 2.737.000 unit dari model seri 123, termasuk 2.213.000 sedan, sekitar 340.000 estate, 140.000 coupe dan 34.000 cabriolets.
1995-2002: E-Class Lampu Depan Ganda

Diluncurkan pada 1995, E-Class generasi kedua membawa desain lampu utama ganda dan tiga kelas peralatan bernama Classic, Elegance, dan Avantgarde. Jajaran mesin termasuk sejumlah besar unit bensin dan diesel, dengan output antara 95 dan 347 HP di E50 AMG, dan varian estate juga tersedia.
2002-2009: Evolusi

Model W211 meluncur dari jalur perakitan dengan gaya evolusioner, keamanan yang lebih pasif dan aktif, lampu depan bi-xenon, AC otomatis, wiper penginderaan hujan dan banyak lainnya, karena ini dibuat di era modern. Sorotan lainnya termasuk suspensi independen depan empat tautan dan belakang multi-tautan, suspensi udara, dan ESP.
Pada New York Auto Show 2006, iterasi facelift memulai debutnya, dengan banyak hal baru, termasuk E63 AMG bertenaga 514 HP
2009-2016: Lebih Banyak Evolusi, Tanpa Revolusi
E-Class disempurnakan lebih lanjut untuk generasi W212, yang ditunjukkan pada awal 2009, dengan evolusi lebih lanjut dari bahasa desain, peningkatan lebih aerodinamis dan teknis, serta pilihan mesin modern yang diunggulkan 525 HP dari model E63 .
2016-2020: E-Class Terbaru

E-Class generasi kelima dihadirkan di Detroit Auto Show 2016, dengan desain Rusia, komunikasi mobil-ke-mobil yang canggih, integrasi smartphone, sistem infotainment baru, dan banyak perlengkapan keselamatan. Estate diperkenalkan setengah tahun kemudian, serta coupe dan cabriolet mengikuti pada 2017. Sementara seluruh jajarannya mengalami perubahan tampilan pada awal tahun ini.
Editor: Dani M Dahwilani