Setengah Abad di Indonesia, Suzuki Cetak Lebih dari 11 Juta Unit Motor dan 2,5 Juta Unit Mobil

Dani M Dahwilani · Senin, 07 Desember 2020 - 13:53:00 WIB
Setengah Abad di Indonesia, Suzuki Cetak Lebih dari 11 Juta Unit Motor dan 2,5 Juta Unit Mobil
Memulai bisnis pada 1970, Suzuki memproduksi lebih dari 11 juta unit sepeda motor dan 2,5 juta unit mobil. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Tahun ini, Suzuki genap 50 tahun di Indonesia. Memulai bisnis pada 1970, Suzuki memproduksi lebih dari 11 juta unit sepeda motor dan 2,5 juta unit mobil.

"Hingga 2019, Suzuki telah memproduksi lebih dari 11 juta unit sepeda motor dan 2,5 juta unit mobil. Di mana penyerapan komponen lokal rata-rata di atas 80 persen yang dipasok lebih dari 400 perusahaan komponen dalam negeri," ujar President Director PT Suzuki Indomobil Manufacture (SIM)/Suzuki Indomobil Sales (SIS), Seiji Itayama dalam video conference, Senin (7/12/2020).

Dia menuturkan Suzuki Indonesia juga telah mengekspor ke 85 negara dengan total volume lebih dari 1,3 juta unit. Semua kegiatan ini telah menciptakan lebih dari 5.000 lapangan kerja untuk masyarakat. 

Untuk memperingati setengah abad perjalanan Suzuki di Tanah Air tersebut, Suzuki Indonesia mengadakan perayaan ulang tahun emas yang dikemas secara virtual melalui saluran Youtube. Acara ini diikuti lebih dari 5.000 karyawan Suzuki dan dealer.

“Perayaan ulang tahun emas ini sangat istimewa dan berarti bagi keluarga besar Suzuki Indonesia. Dari dulu sampai sekarang, kami terus berkarya dan berkomitmen memberikan produk-produk dan layanan berkualitas untuk masyarakat, sehingga saat ini Suzuki bisa menjadi salah satu merek otomotif terbaik di Indonesia,” kata Itayama.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat transportasi, dan Elektronika (Ilmate), Taufiek Bawazier mengatakan, dengan komitmen Indonesia menjadi pilar ke-3 dalam grup Suzuki setelah Jepang dan India, Suzuki Indonesia dapat meningkatkan volume produksi untuk pasar domestik dan ekspor lebih dari 45 persen dan menjadikan Indonesia sebagai mother plan tidak hanya untuk kendaraan MPV tapi juga niaga. 

"Saya juga berharap Suzuki dapat meningkatkan kualitas dan kapabilitas tenaga kerja nasional dengan cara transfer teknologi untuk memenuhi kebutuhan produksi dan design dan development,” kata Taufiek.

Editor : Dani M Dahwilani