Sistem Perpindahan Gigi Bermasalah, Suzuki Recall Mobil Carry
JAKARTA, iNews.id - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mengumumkan penarikan kembali (recall) 19.926 unit mobil Carry dalam program Suzuki Product Quality Update. Komponen apa yang mendapat perbaikan?
“Suzuki Product Quality Update merupakan salah satu tanggung jawab kami kepada pelanggan setia untuk memastikan kondisi kendaraan agar selalu prima dan aman. Di bulan Desember 2018, kami melakukannya khusus untuk New Carry Pick Up dan Carry Real Van yang diproduksi pada bulan Maret sampai dengan Oktober 2018,” ujar President Director PT SIM, Seiji Itayama, dalam keterangan persnya kepada iNews.id, Senin (17/12/2018).
Adapun total unit yang terdampak pada Product Quality Update sebanyak 19.926 unit, dengan nomor rangka MHYESL415JJ600390 - MHYESL415JJ601391 untuk Carry Real Van dan MHYESL415JJ709016 - MHYESL415JJ735924 untuk New Carry Pick Up (Wide Deck, Flat Deck)
Head of Service 4W, 2W and OBM PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) Riecky Patrayudha menjelaskan, recall pergantian komponen dilakukan terkait masalah pada sistem perpindahan gigi.
"Diganti karena spesifikasi part-nya di luar batas standar sehingga berpotensi membuat perpindahan gigi, dari gigi 5 menjadi keras. Dalam kasus tertentu perpindahan dari gigi 5 mungkin tidak dapat dilakukan," kata Riecky, saat dikonifirmasi iNews.id.
Para pelanggan New Carry Pick Up dan Carry Real Van dapat melakukan pengecekan kendaraan terlebih dahulu di www.suzuki.co.id dengan cara masuk ke menu Maintenance, kemudian pilih “Suzuki Quality Update”. Selanjutnya, pelanggan akan diminta mengisi 17 digit nomor rangka, nama, serta nomor telepon.
Selain cara tersebut, pelanggan juga dapat menghubungi Halo Suzuki di nomor 0800 1100 800 dan menyebutkan 17 digit nomor rangka kendaraan. Halo Suzuki juga akan membantu proses booking ke dealer terdekat dari tempat tinggal pelanggan.
Jika kendaraan sudah terkonfirmasi termasuk ke dalam program Suzuki Product Quality Update, pelanggan bisa datang langsung ke bengkel resmi Suzuki terdekat untuk dilakukan pemeriksaan.
Pelanggan tidak perlu khawatir karena pemeriksaan tidak berlangsung lama, yaitu sekitar 30 menit. Apabila kendaraan pelanggan termasuk dalam target perbaikan, maka diperlukan tambahan waktu sekitar 3 jam untuk proses penggantian komponen.
Dealer akan langsung menggantinya secara gratis baik biaya jasa maupun suku cadang, serta akan diberikan gratis oli mesin dan filter oli sampai dengan periode Maret 2019.
Editor: Dani M Dahwilani