Survei: Mobil Dominasi Pemberitaan Media Online, Kalahkan Motor dan Smartphone
JAKARTA, iNews.id - Perkembangan teknologi digital dalam beberapa tahun terakhir telah membawa perubahan besar dalam aktivitas public relations (PR). Kondisi ini dipicu pergeseran media massa dari cetak ke digital, yang membuat distribusi informasi semakin cepat.
Berdasarkan survei Top Digital Public Relations (PR) 2021 sektor otomotif mendominasi pemberitaan di media online dibandingkan produk atau bisnis lain. Urutan pertama dalam pemberitaan diduduki kendaraan roda empat alias mobil dengan indeks 1.015.680 atau 37,12 persen.
Di urutan kedua ada sepeda motor dengan indeks 381.556 atau sebesar 13,94 persen. Angka ini mengalahkan smartphone yang berada di urutan keempat, tepatnya di bawah marketplace yang menempati posisi ketiga. Di mana pemberitaan soal marketplace sebanyak 305.959 atau 11,18 persen, dan smartphone 223.592 atau 8,17 persen.
"Ini menunjukkan bagaimana PR di sektor otomotif lebih kreatif dibanding bidang lain dalam menyampaikan informasi melalui media online yang memiliki pengaruh sangat besar," ujar CEO Tras N Co Indonesia, Tri Raharjo dalam video conference, Kamis (25/2/2021).
Dia menerangkan di sisi lain ada media sosial, membuat saluran distribusi semakin pintas menjangkau masyarakat melalui beranda sosmed. Perubahan tersebut harus dicermati perusahaan dan brand dalam aktivitas PR.
"Pola komunikasi konvensional seperti menciptakan citra positif melalui media offline memang tetap dilakukan. Namun PR juga dituntut dapat menguasai sarana media digital, mesin pencari, serta media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Linkedin dan YouTube, yang saat ini semakin banyak digunakan masyarakat," katanya.
Tri memandang digitalisasi saat ini telah mengubah habit dan cara komunikasi. Daya jangkauan yang sangat luas dengan dukungan publikasi yang bisa dilakukan dalam sekejap dapat menjangkau jutaan konsumen.
Dia menambahkan, pandemi Covid-19 telah mempercepat perubahan kebiasaan masyarakat dalam aktivitas belanja yang akhirnya semakin memperbesar pasar online. Melihat perubahan tersebut, kehadiran sebuah produk dan brand di ranah digital seperti marketplace menjadi hal wajib.
"Tidak hanya sebagai channel penjualan, marketplace dengan fitur yang ditawarkan, seperti official store, juga menjadi sarana yang tepat untuk meningkatkan awareness dan enggagement masyarakat terhadap produk dan brand," ujarnya.
Untuk mengakomodir perkembangan brand yang berhasil membangun Digital PR dan Official Store, Tri mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Infobrand menyelenggarakan Indonesia Top Digital Public Relations (PR) Award 2021 dan Top Official Store Award 2021.
Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan terpilih dengan menggunakan tiga parameter penilaian digital, yaitu Digital Media Aspect, Social Enggagement Aspect, dan Digital Mention Aspect. Survey Digital PR Index dilakukan mulai bulan November 2020-Januari 2021 dengan total brand tersurvei lebih dari 1.000 perusahaan di 150 kategori bisnis.
Editor: Dani M Dahwilani