Tak Mau Kalah dengan Indonesia, Malaysia Klaim Porsche Akan Bangun Pabrik Mobil 

Dani M Dahwilani · Rabu, 10 Februari 2021 - 09:04:00 WIB
Tak Mau Kalah dengan Indonesia, Malaysia Klaim Porsche Akan Bangun Pabrik Mobil 
Langkah ini merupakan dorongan yang sangat dibutuhkan mereka karena banyak produsen mobil lain memilih berinvestasi di Indonesia dan Thailand daripada Malaysia. (Foto: Carscoops)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Porsche dilaporkan akan mendirikan pabrik perakitan di Malaysia untuk memperluas kehadirannya di Asia Tenggara. Hal tersebut diungkapkan surat kabar Malaysia The Edge Weekly. 

Dilansir dari Carscoops, Rabu (10/2/2021),  The Edge Weekly menyebutkan pabrikan mobil Jerman itu bermitra dengan Inokom Corporation, anak perusahaan Sime Darby Motors, untuk pabrik perakitan. 

Inokom diklaim akan membangun pabrik baru di negara bagian Kedar, yang terletak tepat di utara Kota Penang. Laporan tersebut menyebutkan langkah ini merupakan dorongan yang sangat dibutuhkan bagi negara karena banyak produsen mobil lain memilih berinvestasi di Indonesia dan Thailand daripada Malaysia. 

Sementara Porsche belum mengonfirmasi laporan tersebut. Wakil direktur komunikasi korporat perusahaan, Christian Weiss hanya mengatakan Asia Tenggara memiliki potensi besar. Porsche sedang mempelajari cara untuk lebih berkembang di wilayah tersebut. 

Di sisi lain, Kementerian Keuangan Malaysia telah setuju memberikan insentif tertentu kepada Porsche sebagai imbalan atas investasi tersebut. Namun, detail tentang insentif ini masih belum jelas.   

Secara spesifikasi tentang pabrik perakitan masih belum dapat dikonfirmasi.  Tidak ada kabar kendaraan apa yang akan diproduksi Porsche di Malaysia dan di pasar mana mereka akan jual. 

Auto News mencatat sejumlah produsen mobil premium lainnya memiliki fasilitas perakitan di Malaysia. Misalnya, Mercedes memiliki pabrik di Pekan, sedangkan BMW mengoperasikan pabrik perakitan mesin dan operasi perakitan kendaraan di Malaysia melalui kemitraan dengan Sime Darby.

Editor : Dani M Dahwilani