Tak Mau Ketinggalan, Toyota Siap Luncurkan Mobil Listrik Murni di Indonesia
JAKARTA, iNews.id — Setelah menghadirkan jajaran kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV), PT Toyota-Astra Motor (TAM) segera memperluas pasar mobil listrik di Indonesia. Mereka tak mau ketinggalan dari rivalnya, Hyundai yang sudah lebih dulu meluncurkan kendaraan listrik di Indonesia, yaknk Ioniq dan Kona.
Toyota menyiapkan line-up kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV), mobil yang sepenuhnya menggunakan sumber energi listrik sebagai tenaga penggerak. Kendaraan ini melengkapi pilihan kendaraan elektrifikasi bagi masyarakat Indonesia, setelah pada Maret 2020 meluncurkan teknologi Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang masih difokuskan untuk pasar Fleet.
“Toyota sudah mulai elektrifikasi sejak 1990-an di global, tidak hanya karena kami melihat adanya kebutuhan untuk melestarikan lingkungan, tapi juga kami berkomitmen untuk menghadirkan pilihan mobilitas lengkap sesuai kebutuhan masyarakat. Sebab itu, kami melengkapi pilihan kendaraan elektrifikasi baik dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV),” ujar President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda dalam keterangan elektroniknya, Rabu (18/11/2020).
Dia menuturkan sebagai perusahaan mobilitas, TAM berupaya menyesuaikan kebutuhan pelanggan yang sangat luas dan juga tren yang berkembang. Sebab itu, TAM melaksanakan studi berkelanjutan menghadirkan berbagai pilihan mobilitas bagi masyarakat baik dari sisi produk, teknologi, maupun layanan, termasuk didalamnya dengan menyediakan teknologi elektrifikasi.
Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto mengungkapkan, melihat kesiapan market yang semakin baik dalam mengadopsi teknologi elektrifikasi, Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai pemegang brand Toyota dan Lexus merasa sudah waktunya untuk memulai titik baru,
"Untuk itu, TAM berencana untuk segera meluncurkan kendaraan BEV melalui brand Lexus, yang nantinya akan dijual secara retail dan dapat dimiliki pelanggan di Indonesia untuk melengkapi pilihan-pilihan kendaraan elektrifikasi dengan model HEV yang sudah ada sebelumnya baik di brand Lexus maupun Toyota," katanya.
Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy menambahkan, pihaknya menyadari menjual kendaraan elektrifikasi khususnya Full Battery EV baru dapat menyasar sebagian kecil lapisan pelanggan yang cukup mampu, karena itu dengan tujuan memberikan kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk semakin terbiasa dan kenal dengan teknologi ini. TAM bekerja sama dengan ITDC Nusa Dua untuk mempersiapkan dan membangun konsep EV Ecotourism di kawasan Nusa Dua Bali.
Melalui kerja sama ini, Toyota akan menyediakan layanan mobilitas yang terintegrasi bagi semua masyarakat dan turis yang ingin mencoba menggunakan kendaraan BEV di Bali.

"Harapannya agar masyarakat dapat mencoba dan semakin terbiasa menggunakan kendaraan berbasis teknologi BEV serta dapat semakin mendukung daya tarik pariwisata di Bali dan Indonesia secara keseluruhan," kata Anton.
Dia menyebutkan pendekatan yang sama juga digunakan dengan menyediakan teknologi PHEV untuk kendaraan Fleet Taxi, di mana harapannya semakin banyak lagi orang yang dapat merasakan pengalaman dengan kendaraan elektrifikasi.
“Dengan berbagai pendekatan yang berbeda ini dan dengan tujuan untuk makin melengkapi pilihan kendaraan elektrifikasi, kami percaya bahwa setiap lapisan masyarakat dapat memiliki kesempatan merasakan dan menggunakan kendaraan elektrifikasi dapat dilakukan secara optimal baik melalui kepemilikan, experience dengan kendaraan umum, seperti di PHEV, maupun mencoba di Ecotourism yang kami saat ini sedang kami siapkan di Bali” ujar Anton.
Editor: Dani M Dahwilani