Tantang Hacker Bobol Sistem Keamanan Sedan Model 3, Tesla Siapkan Hadiah Rp13,7 Miliar

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 15 Januari 2020 - 10:05 WIB
Tantang Hacker Bobol Sistem Keamanan Sedan Model 3, Tesla Siapkan Hadiah Rp13,7 Miliar

Tesla akan memberikan hadiah 1 juta dolar AS atau sekitar Rp13,7 miliar (Rp13.716/USD) bagi hecker yang bisa membobol sedan Model 3. (Foto: Hiptoro)

MICHIGAN, iNews.id - Pabrikan mobil listrik Amerika Serikat (AS), Tesla menantang para peretas (hacker) untuk menemukan bug (celah keamanan) pada sedan Model 3. Jika ada yang berhasil, Tesla akan memberikan hadiah uang tunai 1 juta dolar AS atau sekitar Rp13,7 miliar (Rp13.716/USD).

Dilansir dari Electrek, Rabu (15/1/2020), sebelumnya sekelompok hacker bisa membobol sistem keamanan mobil terkoneksi. Mereka pun dihadiahi Tesla Model 3 san uang tunai 35.000 dolar AS.

Kelompok hacker yang menamai dirinya 'Fluoroacetate' tersebut, terdiri atas Amat Cama dan Richard Zhu. Mereka membongkar rapuhnya sistem koneksi kendaraan selama kompetisi itu digelar.

Mayoritas peretas menargetkan sistem hiburan yang terdapat pada Tesla Model 3. Kebetulan, kompetisi tahunan 'Pwn20wn' di Vancouver, pada Maret 2020 mendatang, menggunakan Model 3 sebagai 'korbannya'.

Selain membobol sektor keamanan, para peretas ini juga bisa membohongi sistem koneksi Tesla Model S. Mobil tersebut bisa masuk ke lajur yang salah melalui metode adversarial attack dengan cara memanipulasi sistem Machine Learning.

Editor : Dani Dahwilani