Tidak Semua Konsumen Dapat Keringanan Pembiayaan Mobil Baru
JAKARTA, iNews.id - Sejumlah relaksasi yang diberikan kepada konsumen yang ingin membeli mobil baru ternyata cukup menarik. Meski menggiurkan, pelaksanaannya belum tentu berjalan lancar.
"Sebagai APM, kami senang kalau banyak yang bisa membeli kendaraan melalui paket-paket yang menarik, salah satunya adalah DP nol persen," ujar Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, dalam konferensi video, belum lama ini.
Amel menambahkan, kewenangan yang memberikan persetujuan bagi konsumen yang ingin membeli mobil lewat paket kredit DP (Down Paymen) nol persen adalah leasing dan masing-masing leasing pasti memiliki standar ketentuan.
"Keputusan deal atau tidaknya konsumen membeli mobil baru lewat jalur kredit DP nol persen ada di tangan leasing. Saya percaya masing-masing leasing punya ketentuan, siapa yang berhak mendapatkan DP nol persen," katanya.
Seperti diketahui, tidak semua konsumen yang ingin membeli mobil baru, dapat persetujuan DP nol persen. "Tidak serta semua yang beli mobil, bisa mendapatkan persetujuan DP nol persen," ujarnya.
Menurut Amel, leasing menjalankan bisnis dengan konsep jangka panjang. Artinya, mereka tidak akan sembarang memberikan paket DP nol persen, karena ada juga konsumen yang tidak mampu melanjutkan angsurannya dan membuat Non Performing Loan (NPL) leasing itu akan naik.
"Kalau NPL naik, mereka pasti kesulitan berbisnis dan juga berdampak pada brand yang tidak bisa jualan, karena sekitar 80 persen penjualan mobil dari kredit. Kalau leasing tidak mampu menjalankan operasional karena NPL-nya tinggi, dampaknya pasti di penjualan mobil baru," kata Amel.
Daihatsu menyambut semua program yang disiapkan pemerintah, termasuk DP nol persen. "Kami harap kesiapan untuk pelaksanaan ini akan dilakukan oleh leasing company," katanya.
Editor: Vien Dimyati