Tips Membeli Kendaraan di Situs Online agar Tak Tertipu

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 19 Desember 2017 - 05:50:00 WIB
Tips Membeli Kendaraan di Situs Online agar Tak Tertipu
Masyarakat kini tidak perlu repot pergi ke dealer atau showroom hanya untuk melihat kendaraan, yang pastinya cukup menghabiskan waktu, tenaga dan biaya. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Perkembangan teknologi internet telah memberikan kemudahan kepada masyarakat di seluruh dunia dalam berbagai aktivitas dan kebutuhan. Tak terkecuali dalam jual beli kendaraan.

Konsumen kini dapat dengan mudah mencari kendaraan sesuai dengan yang diinginkan. Di mana masyarakat tidak perlu lagi repot pergi ke dealer atau showroom hanya untuk melihat kendaraan, yang pastinya cukup menghabiskan waktu, tenaga dan biaya.

Melalui layanan jual beli online (e-commerce) konsumen bisa dengan mudah mencari mobil atau motor berdasarkan merek, tahun produksi, harga serta model.

Namun, tidak sedikit konsumen kecewa karena kendaraan yang dibeli di situs online ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi. Padahal, detil kendaraan telah dipelajari secara seksama.

Untuk mencegah hal itu terjadi, berikut tips yang harus Anda perhatikan sebelum membeli kendaraan di situs online:

1. Jangan terpaku pada rating

Rating dapat menjadi indikator bahwa kendaraan itu bagus dan terpercaya. Tapi untuk membeli barang seperti mobil dibutuhkan pendapat orang lain agar tak salah beli. Minimal mintalah saran kepada orang yang mengerti tentang mobil yang akan dibeli.

2. Perhatikan penilaian negatif

Perusahaan atau penjual kendaraan tidak akan menjelek-jelekan barangnya sendiri. Tapi, apa salahnya jika Anda mencari informasi tentang keseluruhan mobil atau motor di situs lain. Jangan hanya terfokus pada yang bagus-bagus. Ulasan negatif juga sangat berguna untuk membandingkan mobil apa yang bagus dibeli.

3. Cek jumlah review di situs resmi

Walaupun tidak terlalu penting jumlah review yang tersedia, membaca review mobil dirasa sangat perlu melalui situs resminya. Beberapa orang yang sudah melakukan langkah ini sangat puas, karena mereka mengetahui secara detil spesifikasi kendaraan tersebut, apakah sesuai dengan yang diinginkan atau tidak.

4. Periksa profil reviewer

Agar percaya review yang dibuat seseorang, sebaiknya Anda juga mengecek profil si pe-review. Terkadang ada akun-akun palsu yang sengaja dibuat untuk mengatakan hal baik soal mobil, atau sebaliknya menjelek-jelekkan.

5. Lihat situs Lain yang juga mereview kendaraan

Mengecek dan membandingkan beberapa situs review sebuah kendaraan cukup penting. Sehingga, konsumen tidak hanya mendapatkan testimoni dari satu sisi, tapi juga dari banyak pihak sebagai bahan pertimbangan.

Editor : Tuty Ocktaviany