Toyota Innova Generasi Terbaru Bakal Gendong Mesin Hybrid

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 08 Agustus 2019 - 09:41 WIB
Toyota Innova Generasi Terbaru Bakal Gendong Mesin Hybrid

Ikuti aturan emisi, Toyota Innova generasi terbaru dilaporkan akan memiliki varian mesin hybrid. (Foto: Toyota)

NEW DELHI, iNews.id - Toyota Innova generasi terbaru dilaporkan akan memiliki varian mesin hybrid. Langkah ini seiring semakin ketatnya aturan emisi di sejumlah negara, termasuk India.

Dilansir dari Indianautosblog, Kamis (8/8/2019), Toyota telah berupaya memperkenalkan kendaraan yang lebih bersih dan ramah lingkungan, termasuk rencana mengganti mesin diesel dengan model hybrid. Bahkan, di Eropa perusahaan telah menghapus kendaraan penumpang diesel pada tahun lalu.

“Pilihan mesin diesel untuk penggantian Innova generasi berikutnya, sepertinya tidak cocok sekarang. Toyota akan mengembangkan generasi Innova terbaru dengan sistem hybrid mengikuti aturan emisi yang lebih ketat, dan strategi efisiensi bahan bakar ini masuk diakal," ujar seseorang di Toyota India dilansir Livemint.

Seperti di Indonesia, sebagian besar konsumen Toyota Innova di India lebih menyukai mesin diesel. Namun, dengan aturan emisi BS-VI efektif pada April 2020, aturan CAFE pada 2022, dan mandatory Real Driving Emissions (RDE) pada 2023, mempertahankan mesin diesel menjadi sangat sulit.

Tak heran, banyak yang berkeyakinan Toyota Innova generasi terbaru hanya akan ditawarkan dengan mesin bensin dan powertrain full-hybrid bensin-listrik. Jika Toyota tidak akan mengembangkan mesin diesel untuk mengikuti aturan yang lebih ketat, kemungkinan Toyota Fortuner juga akan beralih dari diesel ke hybrid.

Di India, Toyota Innova adalah model terlaris perusahaan dengan mencatat rata-rata penjualan per bulan sekitar 6.000 unit. Penjualan turun 6 persen menjadi 74.137 di fiskal year (FY) 2019 karena perlambatan pasar.

Bagaimana dengan di Indonesia? Sampai saat ini, Toyota masih menunggu regulasi dari pemerintah. Mereka tidak menutup kemungkinan menghadirkan kendaraaan hybrid pada produk massalnya setelah Perpres Kendaraan Listrik ditandatangi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menarik untuk ditunggu.


Editor : Dani Dahwilani