Toyota Kirim Sinyal Tinggalkan Mesin V8

Riyandy Aristyo ยท Senin, 27 April 2020 - 13:47 WIB
Toyota Kirim Sinyal Tinggalkan Mesin V8

Toyota dikabarkan akan mengganti mesin V8 dengan engine V6 Twin-Turbo secara bertahap. (Foto: Motor1)

TOKYO, iNews.id - Salah satu mesin favorit bagi penggemar mobil di dunia adalah V8. Sayang, beberapa perusahaan sudah tak lagi memproduksi mobil bermesin jumbo ini. Salah satunya Toyota.

Dikutip dari Motor1, Senin (27/4/2020), Toyota akan mengganti mesin V8 dengan engine V6 Twin-Turbo. Artinya, generasi berikutnya dari Toyota Tundra, Sequoia, dan Land Cruiser tak akan menggendong mesin V8.

Pabrik Toyota yang berada di Alabama sudah menyiapkan 30.000 unit bahan produksi mesin V8 terakhir, sebelum digantikan mesin V6. Begitu juga dengan pabrik di Jepang yang memproduksi mesin V8 akan melakukan langkah serupa.

Pernyataan tersebut belum dikonfirmasi langsung Toyota, namun, rumor ini cukup kuat lantaran beberapa bocoran model baru,
seperti Toyota Camry Hybrid sudah tidak menggunakan mesin V8 5,7 l lagi dan akan digantikan mesin V6.

Kendati sudah tak lagi menggunakan mesin V8, mesin ini rencananya akan dihibahkan ke divisi mobil mewah Toyota, yakni Lexus. Mesin tersebut bisa digunakan pada model Lexus LC-F yang kabarnya setingkat dengan performa Ferrari.

Proses pergantian mesin ini juga tidak akan berlangsung cepat. Minimal butuh beberapa tahun untuk adaptasi sebelum seluruh mesin V8 buatan Toyota tak digunakan lagi.

Editor : Dani Dahwilani