Toyota Siapkan 307 Titik Posko Servis dan Bengkel Siaga di Jalur Mudik
JAKARTA, iNews.id - PT Toyota-Astra Motor (TAM) bersama jaringan dealer resminya menyiapkan 307 titik pelayanan servis dengan menghadirkan posko servis dan tempat istirahat di sejumlah jalur mudik, serta bengkel siaga yang tersebar di seluruh Indonesia.
Seluruh titik layanan tersebut terdiri atas 23 Posko Siaga di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi, 11 Bengkel Siaga yang beroperasi selama 24 jam, serta 273 Bengkel Siaga yang tetap buka selama masa libur Lebaran, pada 8-20 Juni 2018.
Jika dibandingkan dengan tahun lalu yang berjumlah 292 titik pelayanan, pada 2018 terdapat penambahan 15 titik pelayanan yang tersebar di berbagai wilayah.
Penambahan itu antara lain 1 Posko Siaga baru di Tol Bakauheni-Bandar Lampung, satu tambahan Bengkel Siaga 24 Jam di Hadji Kalla Palopo, serta 13 tambahan bengkel tetap buka saat libur Lebaran yang tersebar di berbagai daerah di Tanah Air.
Vice President Director TAM, Henry Tanoto mengemukakan, sejalan dengan semangat Let’s Go Beyond yang salah satu pilarnya adalah Beyond Service, Toyota berupaya agar pelanggan mendapatkan pengalaman perjalanan mudik melebihi ekspektasi mereka.
"Melalui Toyota Holiday Campaign, kami berharap pelanggan dapat melakukan perjalanan mudik dengan kondisi kendaraan prima dan bebas kekhawatiran karena hadirnya Posko Siaga dan Bengkel Siaga Toyota,” ujar Henry, dalam keterangan resminya kepada iNews.id, Kamis (7/6/2018).
Tidak hanya dari sisi penambahan kuantitas, Toyota juga berupaya meningkatkan kualitas titik pelayanan. Titik-titik Posko Siaga menyediakan titik pelayanan (Posko) supaya pelanggan dapat melakukan servis ringan dan beristirahat sejenak saat di perjalanan.
Bagi pelanggan yang melakukan servis akan mendapat diskon jasa hingga 25 persen. Sedangkan yang ingin beristirahat, mereka dapat menikmati fasilitas di posko secara gratis seperti wi-fi, makanan dan minuman ringan, ruangan ber-AC, kursi pijat, game station, TV satelit, serta kids corner.
Tahun ini, posko mudik Toyota hadir dengan kualitas lebih baik, salah satunya terlihat pada Posko Siaga yang berlokasi di Rest Area KM 57 Cikampek dengan ruangan yang lebih nyaman dan luas. Posko Siaga Toyota di KM 57 Cikampek menggunakan kontainer yang dimodifikasi, sehingga menghasilkan tenda yang lebih nyaman, lux, tough, dan multifungsi.
"Kehadiran titik-titik pelayanan Toyota yang bisa dinikmati dan diakses selama musim libur Lebaran merupakan wujud apresiasi kami terhadap kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Kami berharap, berbagai fasilitas tersebut dapat mendukung pelanggan dalam menikmati perjalanan ke kampung halamannya,” kata Henry.
Selain hadirnya Posko Siaga dan Bengkel Siaga, Toyota juga menghadirkan aplikasi “Toyota Teman Mudik” yang dapat diunduh bagi pengguna Android dan iOs, antara lain berisi informasi tentang Posko dan Bengkel Siaga Toyota, peta digital, tips mudik, doa-doa dan jadwal Imsyakiah, games, dan sebagainya.
Seiring dengan peningkatan arus mudik Lebaran, Toyota mencatat jumlah kendaraan pelanggan yang datang ke Posko Siaga Toyota dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami peningkatan.
Dalam Toyota Holiday Campaign tahun lalu, sebanyak 6.258 unit kendaraan mengunjungi Posko Siaga Toyota naik 5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Posko Cikampek paling banyak dikunjungi pelanggan Toyota, mencapai 1.270 kendaraan atau hampir 20,2 persen dari total pengunjung di seluruh Posko Siaga Toyota.
Sementara itu, dari catatan internal TAM, segmen kendaraan yang paling banyak digunakan untuk keperluan mudik adalah MPV, baik Avanza maupun Kijang Innova.
Tahun lalu, sebanyak 39,8 persen kendaraan yang masuk ke Posko Siaga Toyota adalah Avanza. Diikuti Kijang Innova sebanyak 21,9 persen. Sisanya adalah berbagai jenis kendaraan Toyota, antara lain Rush, Fortuner.
Editor: Dani M Dahwilani