Volkswagen Caplok 100 Persen Saham Audi

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 15:15 WIB
Volkswagen Caplok 100 Persen Saham Audi

Sejak dua bulan lalu, raksasa otomotif Jerman Volkswagen bergerak membeli saham Audi tersisa dengan kepemilikan 100 persen. (Foto: Paultan)

WOLFBURG, iNews.id - Volskwagen (VW) bakal sepenuhnya memiliki Audi. Sejak dua bulan lalu, raksasa otomotif Jerman ini bergerak membeli saham tersisa dengan kepemilikan 100 persen.

Dilansir dari Paultan, Selasa (4/8/2020), VW akan membayar sisa kepemilikan Audi dengan 1.551,53 euro per lembar saham. Total saham yang dibeli Volkswagen adalah sekitar 230 juta euro atau Rp3,9 triliun.

"Grup Volkswagen sekarang mengkonsolidasikan semua kekuatannya. Kami memposisikan diri secara kompetitif di seluruh Grup Volkswagen dan mengangkat sinergi grup serta skala ekonomi ke tingkat baru," ujar Ketua Dewan Manajemen VW, Markus Duesmann.

Bagi konsumen, perubahan ini tidak akan berdampak langsung. Tetapi dengan dipegang sepenuhnya Audi oleh VW, merek ini akan mendapatkan perhatian lebih serius.

Seperti diketahui, VW Group saat ini memiliki merek Volkswagen, Audi, Bentley, Bugatti, Škoda Auto, Lamborghini, dan SEAT.

Volkswagen dan Audi telah menjalin hubungan bisnis selama beberapa dekade. Relasi mereka dimulai pada 1960-an, ketika Volkswagen membeli Auto Union dari Daimler.

Meskipun mengalami masa-masa sulit setelah momen itu, merek dengan logo empat cincin tersebut menjadi salah satu pilar industri otomotif Jerman di zaman modern.

Editor : Dani Dahwilani