Volvo Kembangkan Mesin Kendaraan Listrik untuk Mobil China, Lotus dan Proton

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 09 Oktober 2019 - 23:26 WIB
Volvo Kembangkan Mesin Kendaraan Listrik untuk Mobil China, Lotus dan Proton

Volvo kembangkan mesin kendaraan listrik yang akan digunakan beberapa merek, seperti Lotus, LEVC, Lynk dan Proton Malaysia. (Foto: Car and Drive)

STOCKHOLM, iNews.id - Volvo Cars yang kini sahamnya dimiliki Geely China, bakal berkolaborasi dalam pengembangan mesin. Nantinya, mesin tersebut akan digunakan pada beberapa merek, seperti Lotus, LEVC, Lynk dan Proton Malaysia.

Dilansir dari Reuters, Rabu (9/10/2019), Kepala Eksekutif Volvo, Hakan Samuelsson mengatakan, mesin yang akan dikembangkan Volvo dan Geely bukan konvensional melainkan ke arah elektrifikasi.

"Sebagai bisnis umum, mesin pembakaran kemungkinan besar tidak akan tumbuh. Penting untuk mencari dan mengonsolidasikan sinergi. Ini merupakan langkah untuk mengubah perusahaan kami ke arah elektrifikasi," kata Samuelsson.

Dia menambahkan, saat ini Volvo membuat 600.000 mesin pembakaran, namun jumlahnya akan bertambah tiga kali lipat atau naik dua juta unit jika digabung dengan aset Geely.

"Startegi tersebut jelas menjadi solusi untuk menaikkan jumlah produksi. Artinya, akan ada penghematan komponen dan biaya pengembangan," ujar Samuelsson.

Jika operasi ini sudah berjalan, Volvo akan mempunyai sumber daya untuk pengerjakan proyek pengembangan mobil mewah bertenaga listrik dan akan menurunkan produksi mesin diesel secara keseluruhan.

"Saya melihat penghematan biaya yang cukup besar di sektor komponen. Paling penting, sisi pengembangan yang dilakukan para insinyur kami, mendapatkan sumber daya untuk mengambil langkah selanjutnya dalam mengembangkan hibrida," katanya.


Editor : Dani Dahwilani