VW Produksi Mobil Listrik ID Khusus China di Shanghai

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 10 November 2019 - 23:30 WIB
VW Produksi Mobil Listrik ID Khusus China di Shanghai

Volkswagen (VW) mengumumkan produksi mobil listrik ID khusus China di pabrik SAIC Volkswagen Anting, Shanghai. (Foto: Carscoops)

SHANGHAI, iNews.id - Volkswagen (VW) mengumumkan produksi mobil listrik pertamanya di pabrik SAIC Volkswagen Anting, Shanghai, China. Fasilitas produksi berdasarkan platform MEB ini akan beroperasi penuh pada Oktober 2020.

Dilansir dari Carscoops, Minggu (10/11/2019), meski demikian, pra-produksi telah dimulai dengan mobil pertama yang menuju jalur perakitan adalah VW ID khusus China.

“Hanya butuh 12 bulan untuk melihat penyelesaian pabrik inovatif ini. Selamat kepada rekan-rekan kami di Anting, yang akan lebih mempersiapkan diri untuk memproduksi model Volkswagen ID China pertama di Shanghai,” ujar CEO VW Group China, Stephan Wollenstein.

"Kami akan semakin mempercepat serangan kami, karena kami mengharapkan pertumbuhan pasar e-mobilitas lebih lanjut," katanya

Pabrik Anting memainkan peran penting dalam strategi e-mobilitas Grup VW. Pabrik ini memiliki kapasitas tahunan 300.000 unit kendaraan. Di sinilah model berbasis MEB dari merek lain dalam Grup Volkswagen akan disatukan.

Produksi lokal Volkswagen di China mencakup 15 kendaraan MEB BEVs pada 2025. Beberapa di antaranya akan dirakit di fasilitas FAW-Volkswagen, Foshan, Guangdong, yang akan dimulai Oktober mendatang. Kedua fasilitas ini memiliki kapasitas gabungan 600.000 unit per tahun.

Sementara itu, produksi hatchback listrik ID.3 sudah dimulai di Zwickau, Jerman. Volkswagen memperkirakan mereka akan mengumpulkan 100.000 unit mobil baterai-listrik di sana pada 2020, dan 330.000 unit pada tahun berikutnya (menghitung kendaraan berdasarkan arsitektur MEB dari tiga merek Grup).


Editor : Dani Dahwilani