Xpander Capai 115.000 Unit, Ini Strategi MMKSI Pertahankan Dominasi

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 13 Januari 2019 - 18:44 WIB
Xpander Capai 115.000 Unit, Ini Strategi MMKSI Pertahankan Dominasi

Pertahankan dominasi Xpander, konsumen baru dan layanan purnajual akan menjadi fokus Mitsubishi dalam memberikan layanan terbaik. (Foto: MMKSI)

JAKARTA, iNews.id - Mitsubishi telah mendominasi pasar low multi purpose vehicle (MPV) melalui kendaraan andalannya, Xpander. Tercatat, jumlah pemesanan Xpander hingga Desember 2018 lebih dari 115.000 unit.

Lalu, bagaimana strategi Mitsubishi mempertahankan dominasi Xpander mengingat segmen low MPV di 2019 akan semakin ketat dengan kehadiran kendaraan-kendaraan baru?

Director of Sales and Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro mengakui, Mitsubishi meraih sukses di pasar nasional berkat penjualan Xpander. Dia menyadari tantangan ke depan akan semakin berat.

"Kami akui tantangan ke depan lebih besar. Saat ini, kami mendapatkan konsumen-konsumen baru. Untuk konsumen lama mungkin sudah tahu dengan kualitas layanan yang diberikan Mitsubishi. Tantangannya, konsumen yang belum pernah memakai Mitsubishi. Konsumen baru ini akan sensitif, beda dengan yang lama sudah loyal," ujarnya, beberapa waktu lalu.

Untuk itu, lanjut Irwan, konsumen baru akan menjadi fokus Mitsubishi dalam memberikan layanan terbaik. "Layanan purnajual menjadi perhatian Mitsubishi untuk menjaga loyalitas pelanggan. Saat mereka puas dengan layanan seperti perawatan kendaraan akan loyal, jika tidak mereka akan pindah ke yang lain. Inilah tantangan kami," kata Irwan.

Dia mengungkapkan untuk membawa Mitsubishi lebih dekat dengan pelanggan pihaknya akan terus memperluas jaringan. Mitsubishi menargetkan mengoperasikan sebanyak 143 jaringan dealer kendaraan penumpang di Indonesia hingga akhir Maret 2019.

"Kami tidak hanya fokus di Pulau Jawa, tapi kami mengembangkan dealer-dealer hingga pelosok daerah. Hal ini agar kami lebih dekat dengan konsumen di mana pun mereka berada," ujarnya.

Saat ini, jaringan dealer resmi kendaraan penumpang Mitsubishi di seluruh Indonesia telah mencapai 123 outlet. Jaringan tersebut mencakup layanan penjualan, purnajual dan suku cadang.

"Tahun 2018 merupakan tahun yang penting bagi sosialisasi Xpander kepada pasar di Indonesia. Pada 2019, kami terus berusaha melanjutkan kesuksesan aktivitas, capaian dan kontribusi Xpander serta meningkatkan layanan terbaik untuk konsumen dan masyarakat Indonesia,” kata Irwan.

Upaya peningkatan pelayanan pada tahun lalu, dibuktikan MMKSI dengan meraih peringkat tertinggi dalam Studi Indonesia Mass Market Customer Service Index (CSI) 2018 dari J.D Power. Sebelumnya, penghargaan ini mereka terima pada 2011, 2012 dan 2014.

Untuk sistem keamanan produk, berdasarkan hasil uji tabrak Xpander yang beraih bintang empat dari ASEAN Car Assesment Program (NCAP). Xpander merupakan MPV pertama Mitsubishi yang diuji tabrak dengan metode pengujian baru dan secara keseluruhan mendapat 71,66 poin.

Tidak hanya itu, MMKSI telah mengekspor kendaraan ke Filipina, menjadikan Xpander sebagai mobil penumpang pertama Mitsubishi Motors yang diekspor ke luar negeri dari Indonesia.

Untuk produk, MMKSI menambah varian dengan meluncurkan Xpander Sport manual dan Xpander GLS matik melengkapi keluarga Xpander yang telah ada.

Mitsubishi sendiri terus meningkatkan produksi Xpander, seiring dengan tingginya permintaan di pasar Indonesia dan ekspor. Atas dasar itu, Mitsubishi akan meningkatkan kapasitas produksi pabrik dengan target mencapai 150.000 unit pada tahun fiskal 2019.


Editor : Dani Dahwilani