Alasan Pengendara Motor Harus Turun saat Isi Bensin

Riyandy Aristyo · Rabu, 06 Mei 2020 - 09:15 WIB
Alasan Pengendara Motor Harus Turun saat Isi Bensin

Salah satu prosedur saat mengisi bensin adalah pengendara sepeda motor harus turun dari kendaraannya. (Foto: Pertamina)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu prosedur saat mengisi bensin adalah pengendara sepeda motor harus turun dari kendaraannya. Ini berlaku pada semua jenis sepeda motor.

Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana menjelaskan, prosedur tersebut berkaitan dengan penanganan dan pengamanan jika terjadi kebakaran.

"Awalnya saya bingung mengapa demikian (turun dari motor). Tapi, setelah saya pelajari kalau terjadi ledakan atau kebakaran, kita lebih mudah evakuasinya," ujar Sony, saat dihubungi iNews.id, beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, kebanyakan sepada motor memiliki tangki bensin di bawah jok, mau tak mau pengendara harus turun dari motornya. Namun, karena alasan keamanan, sepeda motor dengan tangki bensin di depan juga harus mengikuti prosedur yang sama.

Semua stasiun pengisian bahan bakar menerapkan prosedur seperti itu. Jika pengendara tidak mengindahkan aturan tersebut, beberapa petugas SPBU tidak akan melayani pengisian bensin.

"Dalam beberapa kasus saat mengisi bensin, tangki tiba-tiba mengeluarkan api hingga si pengendara ikut terbakar, karena tak sempat menyelamatkan diri. Jadi, prosedur ini lebih ke evakuasi jika terjadi kebakaran," kata Sony. 

Editor : Dani Dahwilani