Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Viral Kepala IKN Basuki Hadimuljono Asyik Motoran Terjang Banjir, Endingnya Didorong
Advertisement . Scroll to see content

Bagi Penggemar Trail, Ini Perawatan Motor Wajib Anda Perhatikan

Rabu, 17 Januari 2018 - 06:05:00 WIB
Bagi Penggemar Trail, Ini Perawatan Motor Wajib Anda Perhatikan
Kesiapan kendaraan menjadi sarat mutlak yang wajib diperhatikan penggemar motor trail sebelum berpetualang atau trabasan. (Foto:Ilustrasi/AHM)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Bagi Anda yang suka berpetualang dengan motor trail atau beraktivitas di medan yang berat (trabasan), kesiapan kendaraan menjadi sarat mutlak yang wajib diperhatikan. Jika tidak, jangan heran bila sepeda motor Anda mogok di jalan atau mengalami masalah lain yang tidak diinginkan.

Apalagi kondisi jalan yang dilewati berlubang, berlumpur, berbatu dan berpasir, tunggangan Anda harus benar-benar prima. Biasanya di kondisi jalan seperti itu jauh dari bengkel, bahkan pemukiman warga. Jika terjadi sesuatu sangat merepotkan Anda.

Untuk itu, PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan tips bagi para penggiat motor trail dalam merawat dan menyiapkan sepeda motor agar selalu prima saat digunakan berpetualang.

Cek Pelumas

Bagi para off roader, berkendara dengan sering membuka dan menutup handle gas merupakan hal yang lumrah sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui. Karakter seperti itu membuat kinerja mesin lebih maksimal dan cepat panas sehingga oli mesin atau pelumas lebih mudah menguap.

Karena itu, disarankan menggunakan oli mesin dengan tingkat keenceran yang tinggi seperti pada varian AHM Oil MPX-1 10W-30. Standar yang dikeluarkan AHM, setiap 4.000 km disarankan melakukan pergantian oli mesin, tapi para off roader harus lebih sering melakukan pengecekan dengan cara melihat stik level oli mesin apakah masih sesuai dengan standar ketinggian oli atau kurang. Jika ada dibatas bawah, maka tambahkan oli baru sampai dengan batas tengah.

Throttle Gas & Tuas Handle Kopling

Motor Trail
Permainan gas merupakan hal sering dilakukan pada dunia off road. Setingan throttle gas atau tuas gas menjadi perhatian lebih bagi para off roader. Untuk mendapatkan tarikan motor yang responsif, para rider dapat mempertahankan jarak bebas tuas gas 2-6 mm.

Hal serupa dengan handle kopling. Permasalahan yang biasa terjadi adalah kopling slip pada dunia off road maupun on road. Hal ini dapat dicegah dengan cara menjaga jarak main bebas kopling sebesar 10-20 mm dan hindari penggunaan setengah kopling bersamaan putaran handle gas yang tinggi.

Rantai Roda

Motor Trail
Pencinta off road pasti sering mengalami gesekan pada rantai roda. Hal ini akibat hausnya rantai roda itu sendiri maupun swing arm kendaraan Anda. Rantai roda yang kendor dapat mengenai secara langsung swing arm motor. Lakukanlah pengecekan pada drive chain slider bagian depan dan belakang dari swing arm motor, serta lakukan pengencangan pada rantai roda Anda sebelum bermain off road.

Hal yang kedua, jangan pernah mencuci rantai roda dengan minyak sembarangan namun cukup lumasi dengan chain lube untuk menjaga kehausan rantai roda.

Rim Lock

Rim Lock atau stopper ban, yang sering disebut dengan enduro merupakan sebuah perangkat mekanis yang berfungsi mengunci velg antara ban dalam dan ban luar, khususnya saat ban dalam keadaan pengurangan tekanan angin.

Hal ini dapat berpotensi mengakibatkan slipnya ban dalam dan robeknya pentil ban kendaraan Anda. Untuk All New Honda CRF150L, velg depan dan belakang motor ini sudah disediakan lubang yang dapat dipasangi oleh Rim Lock.

Steering Nut

Motor trail ini memang sangat cocok untuk manufer loncat-loncatan. Namun rider harus sering mengecek steering stem dengan cara mencoba kelancaran dari steering kemudi, saat belok ke kanan maupu ke kiri.

Jika steering stem kendaraan pada off roader mengalami seret atau terlalu kendor saat manuver berbelok, segeralah datang ke Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) untuk dilakukan setting atau pergantian bearing pada sterring stem.

PGM-FI

Motor All New Honda CRF150L telah dilengkapi dengan sensor bank angle yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis ketika motor mengalami kemiringan 55 5 derajat selama 5 detik saat motor terjatuh. Rider tidak perlu panik jika mengalami hal seperti ini. Cukup tegakkan lagi kendaraan, posisi kunci di-off-kan kemudian di-on-kan kembali, lalu starter ulang motor Anda.

Salah satu keuntungan lainnya, PGM-FI Honda dapat menyesuaikan kondisi lingkungan saat berkendaraan tanpa perlu mengatur campuran bahan bakar dan udara saat berpindah-pindah lingkungan berkendara. Jika motor dalam keadaan miring karena gaya sentrifugal saat berbelok, mesin akan tetap menyala dan terus temani rider trabasan.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut