Bolehkah Ibu Hamil Mengendarai Sepeda Motor? Ini Jawabannya

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 09 November 2019 - 13:23 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Mengendarai Sepeda Motor? Ini Jawabannya

Ibu hamil (Foto: Pixabay/ StockSnap)

JAKARTA, iNews.id - Biasanya para ibu hamil dengan usia kandungan muda tidak diijinkan melakukan aktivitas yang berat. Selain itu, dianjurkan untuk tidak terkena guncangan yang berlebihan.

Lantas, apakah wanita yang sedang hamil muda, diperbolehkan mengendarai sepeda motor? Dokter kandungan, Sri Prilestari mengatakan sebaiknya ibu hamil memeriksakan kandungannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengendarai sepeda motor.

"Periksa dahulu untuk berjaga-jaga. Jika aman dan yakin, mengendarai motor bisa dilakukan. Tapi, biasanya dokter merekomendasi kapan si ibu boleh berkendara sendiri," katanya saat dihubungi iNews.id, Sabtu (9/11/2019).

Seperti para pengendara sepeda motor pada umumnya, ibu hamil juga harus memperhatikan safety riding yang tepat, lengkap dan nyaman saat berada di jalan raya. Wajib menggunakan helm, masker, dan sarung tangan, serta jaket.

"Pakai perlengkapan keselamatan berkendara yang nyaman, agar tak mengganggu saat berkendara dan selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku," ujar Sri.

Selain itu, alat komunikasi juga harus selalu siap digunakan jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Paling penting, berkendara sewajarnya dan jangan terburu-buru apalagi sampai berkecepatan tinggi.

"Berkendara dalam kecepatan tinggi akan menambah risiko bahaya dan kecelakaan serta pilih motor yang mudah dikendarai seperti skuter matik," katanya.


Editor : Dini Listiyani