Cairan Disinfektan Bisa Timbulkan Kebakaran pada Sepeda Motor, Benarkah?

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 04 Juni 2020 - 16:11 WIB
Cairan Disinfektan Bisa Timbulkan Kebakaran pada Sepeda Motor, Benarkah?

Kalau disinfektan hanya air dicampur karbol, kemungkinan terbakarnya kecil, bahkan tidak akan membuat kebakaran sama sekali. (Foto: Bikewale)

JAKARTA, iNews.id - Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau agar cairan disinfektan tidak disemprotkan ke manusia karena berbahaya. Banyak yang percaya, cairan ini juga berpotensi menyebabkan kebarakan jika disemprotkan ke sepeda motor.

Benarkah? Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan, harus dilihat dahulu cairan disinfektan tersebut mengandung apa. Apakah ada zat yang bisa membuat motor terbakar.

"Kalau hanya air dicampur karbol, kemungkinan terbakarnya kecil, bahkan tidak akan membuat kebakaran sama sekali," ujar Sony saat dihubungi iNews.id, Kamis (4/6/2020).

Menurut Sony, kasus terbakarnya motor saat disemprotkan cairan disinfektan, bisa disebabkan korsleting listrik. "Bisa jadi korsleting listrik dari panas kabel berbahan karet yang kemudian api menyala," katanya.

Sony menyarankan kepada semua pemilik sepeda motor untuk selalu memperhatikan perawatan kendaraan. Tak hanya ekterior, bagian mesin hingga kelistrikkan juga harus sering-sering diperiksa.

"Jangan hanya dicuci bersih, perhatikan pula bagian mesin dan kabel-kabel kelistrikkan agar tidak terjadi hal tidak diinginkan," ujarnya.  

Editor : Dani Dahwilani