Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : QJmotor Luncurkan Skutik Bongsor Fort 250 Adventure CBS, Apa Bedanya dengan Varian ABS? 
Advertisement . Scroll to see content

Cara Merawat V-Belt Motor Skutik agar Awet, Perhatikan 3 Poin Ini

Jumat, 30 Juli 2021 - 11:15:00 WIB
Cara Merawat V-Belt Motor Skutik agar Awet, Perhatikan 3 Poin Ini
Berfungsi sebagai penggerak roda, kinerja kendaraan akan terganggu apabila v-belt dalam kondisi tidak prima. (Foto: AHM)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id – Kemudahaan pengoperasian skuter matik (skutik) membuat sepeda motor jenis ini banyak diminati. Namun di balik kepraktisannya perlu mengetahui bagaimana perawatan tipe motor tersebut.

Salah satunya dengan mengenal kinerja van belt (V-belt). Komponen ini memiliki peran yang esensial pada skutik karena berfungsi menghubungkan mesin dan roda.

Penggunaan v-belt sebenarnya telah memiliki patokan umur maksimal pemakaian. Namun, penggunaan setiap pengendara berbeda-beda. 

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, v-belt merupakan komponen yang sangat penting bagi skutik sebagai penggerak roda. Kinerja kendaraan akan terganggu apabila v-belt dalam kondisi tidak prima.

“V-belt merupakan komponen yang tidak dapat dilihat langsung kondisinya oleh pengendara karena berada di dalam CVT. Namun, perannya sangat penting dalam menunjang performa skutik kesayangan konsumen Honda. Pengecekan secara berkala di bengkel sesuai dengan buku panduan servis sangat kami sarankan agar kondisi v-belt tetap prima dan ditangani oleh teknisi yang tepat,” ujar Endro.

Lantas bagaimana cara agar v-belt skutik tetap awet? Berikut ulasannya:

1. Rutin Cek V-belt 

Untuk skutik Honda, v-belt harus dicek berkala pada penggunaan 8.000 km. Secara teori, umur pakai komponen  dapat menyentuh 24.000 km dan setelah itu harus dilakukan penggantian. 

Namun hal tersebut bergantung terhadap gaya berkendara dari setiap pengendara. Kondisi ruang CVT yang kotor pun juga dapat memperpendek usia dari v-belt.

2. Hati-hati Menggunakan Aksesoris 

Meskipun aksesoris balap (racing) dapat membuat tampilan skutik semakin stylish, namun komponen yang tidak standar berisiko merusak komponen lain. Untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih aksesoris untuk sepeda motor, sehingga secara kualitas tetap terjaga.

3. Penggunaan Skutik Secara Normal 

Saat posisi skutik sedang langsam atau idle, sebaiknya pengendara tidak memainkan tuas gas. Ingat, sepeda motor yang Anda gunakan bertransmisi matik, sehingga ketika memainkan tuas gas maka v-belt akan mengencang dan menggerakan roda belakang. Sebab itu, penggunaan fitur Idling Stop System (ISS) sangat disarankan dalam kondisi ini, selain ramah lingkungan juga dapat memperpanjang umur v-belt skutik Anda.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut