Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Harga Motor Ducati XDiavel 2025 Bikin Bengong, Diamankan KPK dalam OTT Wamenaker Immanuel Ebenezer
Advertisement . Scroll to see content

Ducati Luncurkan Motor Touring Paling Sangat Multistrada V4 RS, Intip Ubahannya

Sabtu, 20 September 2025 - 10:01:00 WIB
Ducati Luncurkan Motor Touring Paling Sangat Multistrada V4 RS, Intip Ubahannya
Ducati meluncurkan motor touring paling sangar Multistrada V4 RS dengan penyempurnaan dari sisi tampilan, fitur dan mesin. (Foto: Ducati)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Ducati meluncurkan motor touring terbaru paling sangar Multistrada V4 RS. Mereka mengklaim ini adalah Multistrada paling sporty, canggih, dan khas yang pernah dibuat pabrikan Borgo Panigale. 

Seperti apa ubahannya? Multistrada V4 RS menggendong mesin Desmosedici Stradale yang diadopsi dari Panigale V4, dipadukan dengan sasis yang menghadirkan perpaduan antara kenyamanan dan sportivitas bagi pengendara maupun penumpang.

Ducati mengungkapkan line-up Ducati RS lahir dari keinginan untuk menjawab tantangan dalam menyeimbangkan antara sensasi berkendara sporty dan kenyamanan sejati ala grand touring bagi pengendara. 

Menggendong mesin Desmosedici Stradale dengan sistem desmodromic timing, kopling kering, knalpot Akrapovič, suspensi Öhlins Smart EC 2.0, serta velg yang ditempa, V4 RS menawarkan performa dan sensasi berkendara unik, sekaligus tetap menjaga keseimbangan yang menjadi ciri khas keluarga Multistrada.

Suara mesin yang khas, penyaluran tenaga yang berkekuatan penuh dari V4 turunan MotoGP memberikan pengalaman berkendara tak terlupakan.

Ducati yakin pengendara motor yang paling perfeksionispun akan menghargai detail teknis dan gaya yang menjadikan sepeda motor ini unik baik dari segi kepribadian maupun substansi. Logo RS, yang merupakan elemen penentu model ini, dirancang Centro Stile dan muncul pada corak, kunci, dan grafis dasbor. Fairing ekor yang ramping dan efisien, dirancang khusus untuk motor ini, membuat tampilan menjadi lebih sporty.

Multistrada V4 RS adalah model yang setiap komponennya, setiap detailnya—mulai dari paket elektronik yang dilengkapi teknologi radar hingga sasis sistem suspensi Öhlins semi-aktif atau aktif yang dapat menyesuaikan karakteristiknya secara otomatis.  

Rangka belakang titanium ultra-ringan, ukurannya disesuaikan untuk mengakomodasi bagasi tambahan—dipilih dengan satu tujuan menciptakan sepeda touring paling sporty yang pernah ada. Multistrada paling menarik yang pernah diciptakan Ducati.

Desain Sporty

Ducati Multistrada V4 RS menggabungkan lini Multistrada yang unik, elegan dan dinamis, dengan solusi teknis yang mencerminkan teknologi balap khas superbike Borgo Panigale. Berbagai komponen serat karbon, seperti spatbor depan, pelindung tangan (dirancang khusus untuk model ini), pelindung dari panas, dan "paruh" depan menciptakan kesan kontras dengan corak RS baru.

Fairing ekor techno-polymer yang ramping dan ringan mengintegrasikan pegangan penumpang dan memberikan tampilan samping yang sporty, canggih, dan sangat khas. Rangka jok titanium merupakan komponen teknis yang sangat disempurnakan menonjolkan karakter sporty-nya dan menghemat 2,5 kg dibandingkan rangka standar. Sekarang dapat menampung tiga keranjang beban. Fitur unik di segmennya ini memungkinkan Multistrada V4 RS bertransformasi dari motor sport menjadi GT dalam sekejap.

Mesin Superbike

Multistrada V4 RS adalah satu-satunya model dalam keluarga Multistrada yang dilengkapi dengan mesin Desmosedici Stradale berkapasitas 1.103 cc. Untuk menggabungkan mesin halus khas Multistrada dengan kepribadian dan sportivitas Panigale dan Streetfighter, Ducati telah memodifikasi mesin V4 agar menghasilkan kurva tenaga yang mulus pada putaran rendah.

Dalam konfigurasi homologasi Euro 5+, mesin Desmosedici Stradale menghasilkan tenaga maksimal 180 hp dengan batas putaran 13.500 rpm. Angka ini dipilih untuk memastikan performa sporty dengan mempertahankan keseimbangan yang selalu menjadi ciri khas Multistrada V4 sejak versi pertamanya.

Untuk memaksimalkan performa sporty dan tenaga yang lebih besar dari Desmosedici Stradale, rasio gigi akhir lebih pendek dibandingkan dengan Pikes Peak, sementara rasio transmisi tetap sama, didukung oleh sistem DQS 2.0 baru. Sistem ini menggunakan strategi yang didasarkan sepenuhnya pada sensor posisi sudut drum perpindahan gigi, memungkinkan penggunaan batang perpindahan tanpa microswitch, memberikan pengendara sensasi langsung dengan pergerakan yang lebih pendek.

Elektronik

Multistrada V4 RS dilengkapi dengan perangkat elektronik canggih dari Multistrada V4 S terbaru, yang diperbarui dengan Ducati Vehicle Observer (DVO), sistem manajemen mode suspensi terpisah dari mode berkendara, dan strategi pengereman depan-belakang. Paket ini juga mencakup, di antara fitur lainnya, teknologi radar standar di bagian depan dan belakang, yang memungkinkan Adaptive Cruise Control (ACC), Blind Spot Detection (BSD), dan Forward Collision Warning (FCC).

Ducati Vehicle Observer, yang dikembangkan Ducati Corse di MotoGP, menyempurnakan strategi ABS Cornering dan Ducati Wheelie Control (DWC).

Paket perangkat elektronik Multistrada V4 RS, berkat data yang dikumpulkan dari platform inersia Bosch, mencakup empat mode daya (Penuh, Tinggi, Sedang, Rendah), sistem Kontrol Traksi Ducati (DTC) dan Kontrol Wheelie Ducati (DWC) DVO, Kontrol Rem Mesin (EBC), serta sistem Ducati Quick Shift (DQS) 2.0 yang baru. Semua sistem ini telah disesuaikan dengan karakteristik dan penggunaan model, serta terintegrasi ke dalam lima Mode Berkendara, yaitu Race, Sport, Touring, Urban, dan Wet.  

Kesan lebih sporty dari perangkat elektronik V4 RS ditekankan oleh grafis dashboard baru, yang menampilkan panel kontrol di layar utama dengan fungsi serupa dengan Track Infomode pada Panigale V4 dan Streetfighter V4. Panel ini menampilkan pengaturan DTC, ABS, dan DWC untuk mode berkendara yang dipilih. Selain itu, intervensi Ducati Traction Control dan Ducati Wheelie Control ditandai dengan elemen panel yang berkedip dan sudut kanan atas dashboard yang menyala.

Dashboard TFT 6,5 inci Multistrada V4 RS, memungkinkan pengendara melihat navigator peta melalui Ducati Connect, dan menampilkan layar perangkat seluler. Untuk mendukung fitur ini, kompartemen smartphone dilengkapi dengan ventilasi udara untuk mendinginkan ponsel selama penggunaan intensif fungsi navigasi dan saat pengisian daya.

Velg 17 inci dibalut ban Diablo Rosso IV Corsa, berukuran 120/70 di depan dan 190/55 di belakang, menawarkan cengkeraman sangat baik selama akselerasi dan sentuhan kuat dengan permukaan jalan di tengah tikungan.

Sistem pengereman diadopsi dari Panigale V4. Di bagian depan, sistem ini dilengkapi cakram berdiameter 330 mm dan kaliper Brembo Stylema monoblok, serupa dengan Multistrada V4 S, ditambah dengan bantalan dari Panigale V4. 

Di bagian belakang, sistem ini dilengkapi dengan cakram tunggal berdiameter 280 mm yang digenggam kaliper yang bisa “melayang” dari Brembo. 

Multistrada V4 RS akan tersedia dalam satu varian, dilengkapi dengan radar depan dan belakang sebagai standar, serta livery eksklusif RS. Di Indonesia motor Multistrada sempat mencuri perhatian masuk dalam daftar motor yang disita KPK terkait kasus yang menjerat mantan Wamenaker Emmanuel Ebenezer.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut