Helm Arai Palsu Ini Terbelah 2 saat Dilakukan Pengujian

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 09 Mei 2020 - 17:12 WIB
Helm Arai Palsu Ini Terbelah 2 saat Dilakukan Pengujian

Helm palsu terbelah dua (Foto : Visordown)

MADRID, iNews.id - Helm merupakan komponen yang wajib dipakai saat berkendara sepeda motor untuk melindungi kepala. Tapi, ada juga helm yang justru berbahaya jika dipakai.

Dilansir dari Visordown, Sabtu (9/5/2020), helm berbahaya tersebut merupakan helm palsu. Tak tanggung-tanggung, helm yang dipalsukan menggunakan merek Arai yang notabenenya sebagai helm paling aman.

Helm palsu yang dibeli di Spanyol oleh Valerio Staffelli dari BER Racing Europe (salah satu distributor resmi Arai di Italia) tersebut adalah jiplakan helm open face Arai SZ-Ram III. Staffelli menyebut helm itu dibeli dari toko online China yang terkenal.

Helm Arai 'abal-abal' itu kemudian diuji melalui serangkaian tes. Pengetesan dilakukan dengan metode yang sama dengan pengetesan helm asli sebelum dipasarkan.

Detail pengujiannya tidak disebutkan, tapi, dikonfirmasi helm tersebut dibenturkan pada kecepatan 27,7 km/jam dan hasilnya sangat mengejutkan. Cangkang helm terbelah dan memperlihatkan isi di dalam cangkang helm yang berbahan polystyrene.

Setelah melewati sejumlah pengujian dan hasilnya helm tersebut gampang pecah, artinya helm palsu memberikan tingkat perlindungan di bawah standar. Jadi, masih mau membeli helm dengan harga yang murah tapi palsu?

Editor : Vien Dimyati